Pemanfaatan Aplikasi Srikandi Bagi Pegawai Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bukittinggi

Adra, Ayang (2023) Pemanfaatan Aplikasi Srikandi Bagi Pegawai Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_05_AYANG_ADRA_19042109_7169_2023.pdf

Download (584kB) | Preview

Abstract

Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum Pemerintah yang berguna mendukung pengelolaan dan penatausahaan dokumen secara elektronik serta menghemat penggunaan kertas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan Aplikasi Srikandi bagi pegawai di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Regional Bukittinggi. Pokok permasalahan mengenai pemanfaatan dan penggunaan aplikasi Srikandi bagi pegawai seperti keterbatasan akses dan infrastruktur, tidak adanya notifikasi dari aplikasi Srikandi, kurangnya sosialisasi, pelatihan dan pemahaman serta kurang standardisasi dalam penggunaan aplikasi Srikandi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dimana mendeskripsikan tingkat pemanfaatan dan penggunaan aplikasi Srikandi berdasarkan variabel Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Standardization, solution dan memberikan rekomendasi. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah Unified Theory of Acceptance and Use of Technology yang telah termodifikasi. Informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data ini penulis peroleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan pedoman wawancara dan rekaman. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi MAXQDA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) berdasarkan variabel performance expectancy cukup memuaskan karena aplikasi Srikandi terbukti dapat meningkatkan produktivitas kerja pegawai seperti srikandi dapat diakses dimana saja dan kapan saja serta sangat efektif dan efisien, (b) berdasarkan variabel Effort Expectancy dikatakan baik karena upaya dalam penggunaan aplikasi Srikandi sudah dievaluasi oleh pegawai secara baik namun masih ada kendala yang mestinya perlu koordinasi lebih lanjut, (c) berdasarkan variabel Social Influence telah menunjukkan hasil yang memuaskan karena dorongan dari rekan-rekan sejawat dan atasan sudah cukup baik, dan pegawai juga bisa bertanya langsung ke bidang kepegawaian, (d) berdasarkan variabel Facilitating Conditions belum menunjukan hasil yang maksimal karena kekurangan dalam aspek teknis seperti laptop atau komputer dan android yang mendukung aplikasi ini untuk digunakan, serta koneksi internet yang tidak stabil (e) berdasarkan variabel standardization cukup baik karena setiap pegawai telah menyesuaikan dengan penerapan penggunaan aplikasi Srikandi, (f) berdasarkan variabel solution cukup baik karena setiap ada kendala bidang kepegawaian selalu mencari solusi dan alternatif lain untuk menyelesaikannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, IipUNSPECIFIED
CorrectorSasmita, SiskaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Penggunaan Teknologi, Aplikasi Srikandi, Pegawai, Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:26
Last Modified: 16 Feb 2024 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50531

Actions (login required)

View Item View Item