Strategi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada Masa Pandemi covid-19

Azzahra, Najihah (2023) Strategi Penyelesaian Skripsi Mahasiswa Departemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada Masa Pandemi covid-19. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
B.1_04_NAJIHAH_AZZAHRA_17058196_6793_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui startegi penyelesaian skripsi mahasiswa Dapertemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada masa pandemi Covid-19. Berdasarkan data observasi awal penulis melihat adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang telah wisuda pada masa pandemi Covid-19, padahal realitasnya banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan mengerjakan tugas akhir skiripsi dikarenakan dilaksanakan secara daring. Sehingga hal ini menarik untuk dilakukan penelitian mengapa data wisudawan dan wisudawati di Departemen Sosiologi secara angka meningkat sewaktu Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan) dengan jumlah informan dalam penelitian ini ada 15 mahasiswa, 5 mahasiswa angkatan 16, 5 mahasiswa angkatan 2017, dan 5 mahasiswa angkatan 2018 yang telah menyelesaikan skripsi atau telah wisuda. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, wawancara mendalam, observasi non partisipan dan studi dokumentasi. Untuk memperoleh keabsahan data dilakukan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model Milles dan Huberman. Peneliti menganalisis penelitian ini dengan menggunakan teori Tindakan Sosial dari Max Weber yang menjelaskan Teori tindakan sosial Max Weber berorientasi pada motif dan tujuan pelaku. Dengan menggunakan teori ini kita dapat memahami perilaku setiap individu maupun kelompok bahwa masing-masing memiliki motif dan tujuan yang berbeda terhadap sebuah tindakan yang dilakukan.. Hasil penelitian ini menunjukan startegi penyelesaian skripsi mahasiswa Dapertemen Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang pada masa pandemi Covid-19 terdapat empat strategi, yaitu 1) Pemanfaatan Teknologi dan Media Daring, 2) Komunikasi dan Bimbingan yang Intenes dengan Pembimbing, 3) Memilih Topik Skripsi yang Berkaitan dengan Pandemi Covid-19. Hasilnya mahasiswa melakukan berbagai strategi tersebut sebagai salah satu tindakan sosial yang berorientasi kepada tujuan dan nilai dalam hal ini mahasiswa ingin mencapai tujuan yaitu menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorFitriani, ErdaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Skripsi, Pandemi Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:14
Last Modified: 16 Feb 2024 02:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50529

Actions (login required)

View Item View Item