Kurniawan, Osvaldo Adven
(2023)
Analisis Penggunaan Hydrocarbon Crack System Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Fuel Injection.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Penelitian ini didasari oleh banyaknya penggunaan sepeda motor sebagai
sarana transportasi yang mengakibatkan meningkatnya jumlah emisi gas buang
yang dihasilkan dari pembakaran motor bensin dan berbahaya bagi kesehatan
manusia, serta belum adanya kajian mendalam yang berkaitan dengan pengaruh
yang dihasilkan dari penggunaan hydrocarbon crack system (HCS) terhadap emisi
gas buang dengan objek penelitian sepeda motor injeksi. Terdapat keterbatasan
informasi mengenai sejauh mana emisi gas buang yang dihasilkan dari
Penggunaan HCS tersebut pada sepeda motor injeksi. Penelitian ini bertujuan
untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan ini dan memberikan data yang
lebih spesifik tentang hasil dari penggunaan hydrocarbon crack system terhadap
emisi gas buang pada sepeda motor injeksi.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang digunakan untuk
mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang
terkendalikan dengan menguji sepeda motor fuel injection tanpa perlakuan (X1)
sepeda motor injeksi dengan menggunakan HCS (X2) hasil pengujian tanpa
perlakuan (Y1) dan hasil pengujian dengan menggunakan HCS (Y2). Tujuan dari
metode eksperimen ini adalah mengalisis hasil dari uji emisi tanpa perlakuan (Y1)
terhadap hasil uji emisi menggunakan HCS (Y2). Analisis ini untuk mencari
perbandingan hasil terbaik uji emisi gas buang yang dihasilkan dari objek
penelitian antara variabel.
Hasil analisis menunjukkan bahwa HCS efektif mengurangi kadar emisi
HC dan CO, dengan penurunan HC sebesar 20% dan CO sebesar 4%. Secara
keseluruhan, penggunaan HCS memenuhi standar emisi KMLH 2006.
Rekomendasi yang disarankan adalah sebagai berikut; Rekomendasi yang peneliti
sarankan dari hasil penelitian ini diantaranya: 1). Diharapkan penelitian ini dapat
dilanjutkan dengan model dan bahan katalisator yang lebih variatif, 2). Pada
penenlitian ini emisi gas buang yang diuji hanya pada HC dan CO saja,
diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan pada emisi gas buang
yang lainnya, 3). Diharapkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan HCS
menambahkan variabel penelitian seperti torsi dan daya serta konsumsi bahan
bakar pada objek penelitian.
Actions (login required)
|
View Item |