Analisis Penggunaan Hydrocarbon Crack System Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Fuel Injection.

Kurniawan, Osvaldo Adven (2023) Analisis Penggunaan Hydrocarbon Crack System Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Fuel Injection. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_9_OSVALDO_ADVEN_KURNIAWAN_18073020_8339_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi yang mengakibatkan meningkatnya jumlah emisi gas buang yang dihasilkan dari pembakaran motor bensin dan berbahaya bagi kesehatan manusia, serta belum adanya kajian mendalam yang berkaitan dengan pengaruh yang dihasilkan dari penggunaan hydrocarbon crack system (HCS) terhadap emisi gas buang dengan objek penelitian sepeda motor injeksi. Terdapat keterbatasan informasi mengenai sejauh mana emisi gas buang yang dihasilkan dari Penggunaan HCS tersebut pada sepeda motor injeksi. Penelitian ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pengetahuan ini dan memberikan data yang lebih spesifik tentang hasil dari penggunaan hydrocarbon crack system terhadap emisi gas buang pada sepeda motor injeksi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan dengan menguji sepeda motor fuel injection tanpa perlakuan (X1) sepeda motor injeksi dengan menggunakan HCS (X2) hasil pengujian tanpa perlakuan (Y1) dan hasil pengujian dengan menggunakan HCS (Y2). Tujuan dari metode eksperimen ini adalah mengalisis hasil dari uji emisi tanpa perlakuan (Y1) terhadap hasil uji emisi menggunakan HCS (Y2). Analisis ini untuk mencari perbandingan hasil terbaik uji emisi gas buang yang dihasilkan dari objek penelitian antara variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa HCS efektif mengurangi kadar emisi HC dan CO, dengan penurunan HC sebesar 20% dan CO sebesar 4%. Secara keseluruhan, penggunaan HCS memenuhi standar emisi KMLH 2006. Rekomendasi yang disarankan adalah sebagai berikut; Rekomendasi yang peneliti sarankan dari hasil penelitian ini diantaranya: 1). Diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan model dan bahan katalisator yang lebih variatif, 2). Pada penenlitian ini emisi gas buang yang diuji hanya pada HC dan CO saja, diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat dikembangkan pada emisi gas buang yang lainnya, 3). Diharapkan penelitian selanjutnya dengan menggunakan HCS menambahkan variabel penelitian seperti torsi dan daya serta konsumsi bahan bakar pada objek penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArif, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorFernandez, DonnyUNSPECIFIED
CorrectorStiawan, M. YasepUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HYDROCARBON CRACK SYSTEM, EMISI GAS BUANG, SEPEDA MOTOR
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2024 06:38
Last Modified: 15 Feb 2024 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50510

Actions (login required)

View Item View Item