Analisis Tingkat Bahaya Masing-masing Pengerjaan Praktek Plumbing dan Sanitasi Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang

Ningsih, Nurul Fathiah (2023) Analisis Tingkat Bahaya Masing-masing Pengerjaan Praktek Plumbing dan Sanitasi Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_1_NURUL_FATHIAH_NINGSIH_17061067_7138_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keselamatan dan kesehatan kerja merupakan salah satu aspek perlindungan tenaga kerja dengan cara penerapan teknologi pengendalian segala aspek yang berpotensi membahayakan para pekerja. menerapkan teknologi pengendalian keselamatan dan kesehatan kerja diharapkan tenaga kerja akan mencapai ketahanan fisik, daya kerja dan tingkat kesehatan yang tinggi. Persoalan yang timbul karena masalah kecelakaan kerja dikarenakan kekurangan perhatian pada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) begitu banyak kasus yang terjadi. Dalam hal ini bidang pendidikan yang berpotensi terjadinya kecelakaan kerja adalah pendidikan yang menggunakan laboratorium/workshop untuk kegiatan praktikum seperti perguruan tinggi. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu Teknisi Workshop Plumbing danSanitasi yaitu Bpk. Wawan Putra, S.T , terdapat beberapa bahaya yang dihadapi mahasiswa saat mengerjakan rangkaian kerja praktek seperti terluka goresan akibat plat, luka bakar dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini angket akan disebarkan kepada responden yaitu mahasiswa teknik sipil yang telah melaksanakan Praktek Plumbing dan Sanitasi Angkatan 2019. Dalam penelitian ini terdapat 1 variabel yaitu Analisis Tingkat Bahaya Masing-masing Pengerjaan Praktek Plumbing dan Sanitasi Departemen Teknik Sipil Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini berdasarkan 6 aspek indikator yang telah dilaksanakan. Plat seng memperoleh skor 67,9% dengan kategori cukup. Instalasi pipa memperoleh skor 50,30% pada kategori tidak baik. Alat saniter memperoleh skor 55,4% dengan kategori kurang baik. Las asetelin memperoleh skor 50,32% dengan kategori tidak baik. Sumur bor memperoleh skor 42,5% dengan kategori tidak baik. Lingkungan kerja meperoleh skor 38,8% dengan kategori tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZola, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorMardizal, JonniUNSPECIFIED
CorrectorRifwan, FitraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PRAKTEK PLUMBING, SANITASI, TEKNIK SIPIL
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Feb 2024 04:31
Last Modified: 15 Feb 2024 04:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50506

Actions (login required)

View Item View Item