Pengembangan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Perubahan dan Keberlanjutan dalam Peristiwa Sejarah pada Siswa SMA

Putri, Suci Kurnia (2023) Pengembangan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Perubahan dan Keberlanjutan dalam Peristiwa Sejarah pada Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_SUCI_KURNIA_PUTRI_19046127_8598_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam persitiwa sejarah merupakan salah satu kemampuan Historical Thinking yang harus dimiliki oleh siswa. Namun, dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang belum berjalan dengan baik. Guru belum menggunakan media pembelajaran interaktif guna meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa Sejarah. Oleh karena itu, dengan penggunaan media pembelajaran interaktif 3D, yaitu Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa Sejarah pada siswa SMA Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah pengembangan media Augmented Reality (AR) yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada siswa SMA (2) untuk mengetahui kelayakan media Augmented Reality yang dikembangkan, dan yang ke (3) untuk mengetahui praktikalitas media Augmented Reality (AR) yang dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada siswa SMA. Metode penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan dan implementasi. Instrumen penelitian yang disusun meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar praktikalitas untuk guru dan siswa. Penerapan media Augmented Reality dilakukan pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Padang. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu skala likert. Hasil penelitian menunjukan bawah (1) media Augmented Reality dirancang dengan menggunakan software CloudPano, Google Street View dan Canva, (2) Kelayakan media Augmented Reality secara garis besar berada pada kategori sangat layak. Penilaian dari validator ahli materi dengan kategori layak dengan nilai sebesar 4,7. Sedangkan validator ahli media mengatakan media AR sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 4,25 (3) Praktikalitas media Augmented Reality yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak dengan analisis data sebesar 4,39 yang diujikan pada guru, dan uji praktikalitas pada siswa mendapatkan nilai sebesar 4,8 yang artinya media Augmented Reality sangat praktis digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOfianto, OfiantoUNSPECIFIED
CorrectorZafri, ZafriUNSPECIFIED
CorrectorYefterson, Ridho BayuUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:32
Last Modified: 15 Feb 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50499

Actions (login required)

View Item View Item