Putri, Suci Kurnia
(2023)
Pengembangan Media Augmented Reality
dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis
Perubahan dan Keberlanjutan dalam Peristiwa Sejarah pada Siswa SMA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam persitiwa
sejarah merupakan salah satu kemampuan Historical Thinking yang harus dimiliki
oleh siswa. Namun, dalam proses pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Padang
belum berjalan dengan baik. Guru belum menggunakan media pembelajaran
interaktif guna meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan
keberlanjutan dalam peristiwa Sejarah. Oleh karena itu, dengan penggunaan media
pembelajaran interaktif 3D, yaitu Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan
kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam peristiwa Sejarah
pada siswa SMA
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah-langkah
pengembangan media Augmented Reality (AR) yang dapat membantu siswa
meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam
peristiwa sejarah pada siswa SMA (2) untuk mengetahui kelayakan media
Augmented Reality yang dikembangkan, dan yang ke (3) untuk mengetahui
praktikalitas media Augmented Reality (AR) yang dapat membantu siswa
meningkatkan kemampuan menganalisis perubahan dan keberlanjutan dalam
peristiwa sejarah pada siswa SMA.
Metode penelitian ini adalah Research dan Development (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan
pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan dan implementasi.
Instrumen penelitian yang disusun meliputi lembar angket yang terdiri dari lembar
validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar praktikalitas untuk guru
dan siswa. Penerapan media Augmented Reality dilakukan pada siswa kelas X di
SMA Negeri 1 Padang. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis
deskriptif kuantitatif yang diperoleh dari pengukuran skala, yaitu skala likert.
Hasil penelitian menunjukan bawah (1) media Augmented Reality
dirancang dengan menggunakan software CloudPano, Google Street View dan
Canva, (2) Kelayakan media Augmented Reality secara garis besar berada pada
kategori sangat layak. Penilaian dari validator ahli materi dengan kategori layak
dengan nilai sebesar 4,7. Sedangkan validator ahli media mengatakan media AR
sangat layak digunakan dengan analisis data sebesar 4,25 (3) Praktikalitas media
Augmented Reality yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak dengan
analisis data sebesar 4,39 yang diujikan pada guru, dan uji praktikalitas pada siswa
mendapatkan nilai sebesar 4,8 yang artinya media Augmented Reality sangat praktis
digunakan dalam pembelajaran sejarah.
Actions (login required)
|
View Item |