Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat

Wafda, Wafda (2023) Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Masyarakat Menghadapi Bencana Gempa Bumi di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_WAFDA_18042090_8463_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditulis bertujuan untuk mengetahui peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Talamau. Penelitian ini bertolak belakang dari masih rendahnya kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Talamau sehingga diperlukan Peran BPBD dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat dengan pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengujian validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa peran BPBD Kabupaten Pasaman Barat dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat dilihat dari peran BPBD dalam Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa Peran BPBD dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat secara keseluruhan telah terlaksanakan dengan baik, namun masih terkendala pada pengadaan rambu-rambu dan lokasi evakuasi belum sepenuhnya terealisasikan di Kecamatan Talamau. Adapun faktor penghambat oleh BPBD Kabupaten Pasaman Barat dalam meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat menghadapi bencana gempa bumi di Kecamatan Talamau adalah pemberian anggaran yang belum optimal, keterbatasan sumber daya manusia, terbatasnya sarana dan prasarana yang memadai serta masih lemahnya keikutsertaan masyarakat dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAdnan, FachriUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorAlhadi, ZikriUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 Feb 2024 02:32
Last Modified: 15 Feb 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50495

Actions (login required)

View Item View Item