Perencanaan Alternatif Tendon Prategang DenganVariasi Tata Letak Tendon dan Mutu Tendon Pada Struktur Atas Jembatan Batang Lasi Kota Sawahlunto dengan Menggunakan Penampang PreStresse Concrete Girder.

Digo, Muhammad (2023) Perencanaan Alternatif Tendon Prategang DenganVariasi Tata Letak Tendon dan Mutu Tendon Pada Struktur Atas Jembatan Batang Lasi Kota Sawahlunto dengan Menggunakan Penampang PreStresse Concrete Girder. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUHAMMAD_DIGO_19323037_9283_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jembatan Batang Lasi dibangun dengan menggunakan beton prategang PCI girder dengan beton mutu fc 45 mPa dan menggunakan tendon dengan mutu ASTM A416 grade 270 low relaxation. Dalam perencanaan beton prategang, mutu dan layout tendon berpengaruh dalam menghasilkan tegangan-tegangan, serta lossofprestressed. Untuk itu perlu alternatif perencanaan layout tendon dan mutu yang berbeda, untuk mengetahui pengaruhnya terhadap elemen prategang untuk jrmbatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan PCI girder dalam memikul gaya gaya yang bekerja serta melakukan analisa kehilangan gaya prategang akibat pengaruh penggunaan mutu dan letak tendon prategang. Jenis penelitian yang digunakan pada tugas akhir ini adalah penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode analitis yang mengacu pada SNI 2847-2013. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat perbedaan tata letak tendon strand 7 wire ASTM A416 grade 250 lowrelaxation dan strand 7 wire ASTM A779 grade 270, dengan tendon yang digunakan di jembatan Batang Lasi. Kehilangan gaya prategang yang terjadi pada tendon 12,7 mm (strand 7 wire ASTM A416 grade 250 lowrelaxation) diperoleh nilai terkecil pada loss of prestressed akibat gesekan angkur, pemendekan elastis, relakasasi tendon, dan gaya prategang efektif. Sementara kehilangan gaya prategang akibat gesekan tendon dan pengangkuran diperoleh nilai terkecil dengan menggunakan tendon di lapangan (strand 7 wire ASTM A416 grade 270 lowrelaxation).Dari hasil analisis kedua variasi mutu tendon diketahui bahwa hanya strand 7 wire ASTM A416 grade 250 lowrelaxation yang mampu memikul beban dan memiliki lossof prestressed yang kecil daripada yang digunakan di strand 7 wire ASTM A779 grade 270

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJuliafad, EkaUNSPECIFIED
CorrectorSilalahi, JunimanUNSPECIFIED
CorrectorYusmar, FajriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MUTU TENDON, POSISI TENDON, STRUKTUR ATAS JEMBATAN
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil-S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Feb 2024 03:27
Last Modified: 13 Feb 2024 03:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50488

Actions (login required)

View Item View Item