Analisis Kinerja Alat Shovel Crusher Excavator dalam Pemenuhan Kebutuhan Permintaan Batubara ke Pelabuhan Pada Bulan Februari 2023 di PT Pertambangan Prima Nusantara Job Site PT Anugerah Jambi Coallindo.

Putri, Lusi Aulia (2023) Analisis Kinerja Alat Shovel Crusher Excavator dalam Pemenuhan Kebutuhan Permintaan Batubara ke Pelabuhan Pada Bulan Februari 2023 di PT Pertambangan Prima Nusantara Job Site PT Anugerah Jambi Coallindo. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_LUSI_AULIA_PUTRI_20080023_8143_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PT Pertambangan Prima Nusantara merupakan sebuah perusahaan kontraktorpertambangan yang bergerak pada bidang batubara, dan merupakan pemegang izin usaha jasa pertambangan (IUJP) yang mengerjakan Jobsite dari perusahaan Anugerah Jambi Coalindo yang beralamat di Desa Danau Serdang, Kecamatan Pauh, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Luas Izin Usaha Pertambangan yang dimiliki oleh perusahaan Anugerah Jambi Coalindo yaitu 3.600,00 ha. Dalam proses penambangannya, PT Pertambangan Prima Nusantara menggunakan metode Stripping Mine. Kegiatan Penambangan di PT Pertambangan Prima Nusantara meliputi land clearing, top soil removal, stripping overburden,coal getting, dan pengecilan ukuran batubara atau crusher batubara. Crusher batubara di PT Pertambangan Prima Nusantara menggunakan alat berupa Shovel Crusher yang dipasang pada excavator.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian terapan. Target produksi batubara untuk permintaan batubara ke pelabuhan pada bulan Februari 2023 di PT Pertambangan Prima Nusantara sebesar 63.176,96 ton. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kinerja dari alat crusher batubara tersebut supaya bisa memenuhi kebutuhan permintaan batubara ke pelabuhan. Setelah dilakukan analisis dan perhitungan, didapatkan produksi aktual yang dicapai oleh alat crusher yaitu sebesar 41.519,84 ton. Untuk itu perlu dilakukan pengoptimalan alat crusher batubara dengan cara menganalisis faktor-faktor yang menjadi tidak tercapainya target produksi tersebut dan mengurangi waktu yang menjadi hambatan kerja alat crusher batubara. Produktivitas alat shovel crusher batubara setelah dilakukan pengoptimalan menjadi 61.441,18 yaitu meningkat sebanyak 31,53%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorPrabowo, HeriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTAMBANGAN, ANALISIS KINERJA, PRODUKSI.
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:16
Last Modified: 12 Feb 2024 01:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50465

Actions (login required)

View Item View Item