Persepsi Calon Kepala Desa Terhadap Praktik Politik Uang dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Durian Betakuk Kecamatan Renah Pembarap Kabupaten Merangin)

Muttakin., M. (2023) Persepsi Calon Kepala Desa Terhadap Praktik Politik Uang dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Kasus di Desa Durian Betakuk Kecamatan Renah Pembarap Kabupaten Merangin). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_M_Muttakin_18058026_8508_ 2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi calon kepala desa terhadap makna politik uang dalam pemilihan kepala desa (pilkades) di Desa Durian Betakuk. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktik politik uang dalam pemilihan kepala desa di desa Durian Betakuk. Terdapat persaingan yang tidak sehat antar calon kepala desa sehingga politik uang mewarnai menjelang pilkades. Seakan kebal hukum, meskipun terdapat Undang-Undang yang mengatur tentang larangan politik uang, namun tetap saja kegiatan ini dilakukan secara terus menerus setiap pemilihan kepala desa di desa Durian Betakuk. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori tindakan sosial yang dikemukakan oleh Max Weber. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer peneliti dapatkan dari hasil observasi dan wawancara dengan calon kepala desa, tim sukses dan masyarakat. Serta data sekunder peneliti dapatkan dari karya ilmiah terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang terdapat dalam penelitian ini berdasarkan dengan model Miles dan Huberman yaitu; reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorGautama, Mohammad IsaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:14
Last Modified: 12 Feb 2024 01:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50458

Actions (login required)

View Item View Item