Amanda, Mutiara
(2023)
Analisis Kualitas Pelayanan pada Kantor Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Agam.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang memberikan
pelayanan pada masyarakat melalui organisasi atau instansi pemerintah yang
sudah tersebar disetiap wilayah, salah satunya yaitu Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kabupaten Agam. Pemerintah wajib memberikan pelayanan yang
sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat. Karena kualitas pelayanan
merupakan indikator penting dari keberhasilan pemerintah sebagai penyelenggara
pelayanan publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
Kualitas Pelayanan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil
Kabupaten Agam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif.
Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner pada masyarakat Jorong
Tanjung Alai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya yang berjumlah
735 orang dan sampel yang diambil berjumlah 90 orang responden dengan
menggunakan pendekatan Slovin. Dalam penelitian ini terdapat lima dimensi
pengukur kualitas pelayanan yaitu: (1) Tangibles (bukti fisik), (2) Reliability
(keandalan), (3) Responsiveness (daya tangkap), (4) Assurance (jaminan), dan (5)
Empaty (empati). Berdasarkan hasil penelitian mengenai Analisis Kualitas
Pelayanan pada Kantor Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten
Agam maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang disediakan oleh pihak
Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Agam dapat digolongkan
pada kriteria baik dengan rata-rata 4,0 atau TCR 79,4%.
Actions (login required)
|
View Item |