Aziz, Muhammad
(2023)
Tinjauan Kualitas Pelayanan Pada Museum
Kereta Api Mak Itam Kota Sawahlunto.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan di
Museum Kereta Api Mak Itam. Lokasi penelitian di Jalan Jenderal Ahmad Yani,
Pasar, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.
Jenis penelitian yang digunakan kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang penulis gunakan adalah dengan menggunakan kuesioner kepada pengunjung
Museum Kereta Api Mak Itam tentang bagaimana kualitas pelayanan pada
Museum Kereta Api Mak Itam.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka dapat diperoleh hasil
bahwa kualitas pelayanan museum kereta api mak itam yaitu hasil kuesioner
menunjukkan bahwa pelaksanaan konsep Kualitas Pelayanan di Museum Kereta
Api Mak Itam di Kota Sawahlunto adalah sudah baik, dimana konsep yang
digunakan yaitu Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness),
Jaminan (Assurance), Empati (Empathy), dan Bukti Fisik (Tangibles).
Pada dasarnya masalah yang dihadapi oleh Museum Kereta Api Mak Itam yaitu
Petugas Museum Kereta Api Mak Itam belum mampu terkait kerapian dan
kebersihan terhadap lingkungan di museum, Petugas Museum Kereta Api Mak
Itam belum mampu dalam memberi pelayanan yang baik dengan tepat waktu,
Petugas Museum Kereta Api Mak Itam belum mampu memahami keinginan yang
disampaikan oleh pengunjung secara cepat, Petugas Museum Kereta Api Mak
Itam belum mampu terkait pengetahuan dan kemampuan dalam bidangnya, dan
Petugas Museum Kereta Api Mak Itam belum mampu secara hati-hati
mendengarkan permintaan yang dilakukan oleh pengunjung.
Actions (login required)
|
View Item |