Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Memediasi Pengaruh Corporate Governance (CG) Terhadap Kinerja Keuangan

Nura, Megi Hedian (2023) Peran Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Memediasi Pengaruh Corporate Governance (CG) Terhadap Kinerja Keuangan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_MEGI_HEDIAN_NURA_19059174_5375_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh (1) Corporate Governance terhadap Corporate Social Responsibility, (2) Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan, (3) Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Keuangan, (4) Corporate Social Responsibility (CSR) berperan dalam memediasi hubungan Corporate Governance (CG) terhadap Kinerja Keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021. Penelitian ini menggunakan variabel mediasi: Corporate Social Responsibility (CSR). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling yaitu sampel perusahaan perbankan selama tujuh tahun berturut-turut dari tahun 2015-2021, sehingga diperoleh sampel sebanyak 26 perusahaan dengan 182 data observasi untuk setiap variabel. Metode Uji Asumsi Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan program Amos 22. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Corporate Governance (CG) berpengaruh dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) (2) Corporate Governance (CG) berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan, (3) Corporate Governance (CG) berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan. Social Responsibility (CSR) berpengaruh signifikan dan signifikan terhadap Kinerja Keuangan, dan (4) Corporate Social Responsibility (CSR) berperan memediasi hubungan Corporate Governance (CG) terhadap Kinerja Keuangan. Metodologi- Penelitian ini merupakan penelitian kausal. Populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 26 perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2021. Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan arsip (archival) dari data￾data yang dipublikasikan oleh perusahaan yang dijadikan sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) Amos 22. Hasil- Hasil pengolahan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Corporate Governance (CG) berpengaruh dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility (CSR), (2) Corporate Governance (CG) berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan, (3) Corporate Social Responsibility (CSR) berpengaruh dan signifikan terhadap kinerja keuangan, (4) Corporate Social Responsibility (2019/19059174) ii (CSR) memiliki peran memediasi pengaruh Corporate Governance (CG) terhadap kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTasman, AbelUNSPECIFIED
CorrectorPatrisia, DinaUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, RosyeniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:48
Last Modified: 07 Feb 2024 03:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50448

Actions (login required)

View Item View Item