Optimasi Catalytic Converter Dan Bahan Bakar Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Injeksi Dengan Metode Taguch

Fedriansyah, Harris (2023) Optimasi Catalytic Converter Dan Bahan Bakar Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Injeksi Dengan Metode Taguch. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Harris_Fedriansyah_18073056_5923_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ic converter serta mendapatkan perbandingan bahan bakar ethanol dan bensin (biogasoline) yang optimal dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor 4 langkah injeksi dengan menggunakan metode Taguchi. Objek dari penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Vega ZR 2010 yang telah dimodifikasi sistem injeksi. Penelitian ini menggunakan Robust Design dengan 3 faktor dan 3 level faktor, yaitu : A (Bahan katalis dengan level faktor baja, kuningan, dan tembaga), B (Bentuk katalis dengan level faktor spiral, sarang lebah, dan jaring laba – laba), C (biogasoline dengan level faktor perbandingan bensin dengan ethanol 70:30, 75:25, dan 80:20). Data hasil penelitian ini diambil dan dilakukan secara langsung menggunakan gas analyzer untuk mengetahui emisi gas buang (HC dan CO). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan yang optimal untuk mengurangi emisi Carbon Monoksida (CO) adalah katalis berbahan kuningan dan berbentuk jaring laba – laba dengan menggunakan bahan bakar biogasoline yang perbandingannya 70:30, yaitu sebesar 0,91% dan faktor yang paling berpengaruh adalah bahan bakar biogasoline yaitu sebesar 28,21%. Rancangan yang optimal mengurangi emisi hydrocarbon (HC) adalah katalis berbahan baja dan berbentuk jaring laba – laba dengan menggunakan bahan bakar biogasoline yang perbandingannya 75:25, yaitu sebesar 227 ppm dan faktor yang paling mempengaruhi adalah bahan katalis yaitu sebesar 34,31%. Rancangan yang paling optimal untuk CO dan HC adalah katalis dengan bahan kuningan dan berbentuk jaring laba – laba serta bahan bakar biogasoline pada perbandingan 70:30, dengan hasil CO sebesar 0,91 % dan HC sebesar 304,88 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorWakhinuddin S, Wakhinuddin SUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 07 Feb 2024 03:47
Last Modified: 07 Feb 2024 03:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50447

Actions (login required)

View Item View Item