Fedriansyah, Harris
(2023)
Optimasi Catalytic Converter Dan Bahan Bakar Biogasoline Terhadap Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor 4 Langkah Injeksi
Dengan Metode Taguch.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
ic converter serta mendapatkan perbandingan bahan bakar ethanol dan bensin
(biogasoline) yang optimal dalam mengurangi emisi gas buang pada sepeda motor 4
langkah injeksi dengan menggunakan metode Taguchi. Objek dari penelitian ini
adalah sepeda motor Yamaha Vega ZR 2010 yang telah dimodifikasi sistem injeksi.
Penelitian ini menggunakan Robust Design dengan 3 faktor dan 3 level faktor, yaitu :
A (Bahan katalis dengan level faktor baja, kuningan, dan tembaga), B (Bentuk katalis
dengan level faktor spiral, sarang lebah, dan jaring laba – laba), C (biogasoline
dengan level faktor perbandingan bensin dengan ethanol 70:30, 75:25, dan 80:20).
Data hasil penelitian ini diambil dan dilakukan secara langsung menggunakan gas
analyzer untuk mengetahui emisi gas buang (HC dan CO). Hasil penelitian
menunjukkan bahwa rancangan yang optimal untuk mengurangi emisi Carbon
Monoksida (CO) adalah katalis berbahan kuningan dan berbentuk jaring laba – laba
dengan menggunakan bahan bakar biogasoline yang perbandingannya 70:30, yaitu
sebesar 0,91% dan faktor yang paling berpengaruh adalah bahan bakar biogasoline
yaitu sebesar 28,21%. Rancangan yang optimal mengurangi emisi hydrocarbon (HC)
adalah katalis berbahan baja dan berbentuk jaring laba – laba dengan menggunakan
bahan bakar biogasoline yang perbandingannya 75:25, yaitu sebesar 227 ppm dan
faktor yang paling mempengaruhi adalah bahan katalis yaitu sebesar 34,31%.
Rancangan yang paling optimal untuk CO dan HC adalah katalis dengan bahan
kuningan dan berbentuk jaring laba – laba serta bahan bakar biogasoline pada perbandingan
70:30, dengan hasil CO sebesar 0,91 % dan HC sebesar 304,88 ppm.
Actions (login required)
|
View Item |