Implementasi Program Pembangunan Zona Integritas oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bukittinggi Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bebas Bersih Melayani

Fitria M, Bella (2023) Implementasi Program Pembangunan Zona Integritas oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bukittinggi Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bebas Bersih Melayani. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_BELLA_FITRIA_M_18042004_7458_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program pembangunan zona integritas oleh BPN Kota Bukittinggi Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bebas Bersih Melayani, mengetahui faktor yang mempengaruhi implementasi program pembangunan zona integritas oleh BPN Kota Bukittinggi Menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Bebas Bersih Melayani. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode dan teknik purposive sampling. Sedangkan, teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data adalah dengan menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian ini adalah koordinasi dan penguatan pengawasan dari pusat juga diperlukan untuk menghindari penyimpangan-penyimpangan seperti gratifikasi yang menghambat pelaksanaan dari zona integritas di Badan Pertanahan Kota Bukittinggi. Seluruh implementor peraturan zona integritas diharapkan supaya lebih mendalami makna integritas, menghayati nilai-nilai pancasila serta kode etik aparatur sipil negara dengan baik dan menerapkannya kepada masyarakat, meningkatkan kinerja kerja, menjadi pelayan yang berkualitas dan bebas dari pungutan liar, sehingga menghilangkan pandangan buruk masyarakat terhadap buruknya kinerja birokrasi. Berkaitan dengan komitmen tersebut dalam pelaksanaannya masih terdapat hal-hal yang diluar kendali implementor yaitu masih terdapatnya masyarakat yang mau memberikan “uang pos” atau “uang ucapan terimakasih” dan juga bertanya terkait jumlah biaya administrasi yang diperlukan dari pelayanan yang diberikan oleh pegawai yang memberi layanan. Hal ini tentunya berkaitan dengan namanya gratifikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKhaidir, AfrivaUNSPECIFIED
CorrectorJumiati, JumiatiUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:03
Last Modified: 07 Feb 2024 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50438

Actions (login required)

View Item View Item