Koordinasi Lembaga Pemerintahan Nagari dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Kearifan Lokal di Nagari Talang Koto Pulai Tapan Pesisir Selatan

Yona, Elma Triva (2023) Koordinasi Lembaga Pemerintahan Nagari dalam Pengambilan Keputusan Berbasis Kearifan Lokal di Nagari Talang Koto Pulai Tapan Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_ELMA_TRIVA_YONA_19042054_8807_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana koordinasi yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan nagari dalam pengambilan keputusan berbasis kearifan lokal serta kendala apa saja yang dihadapi oleh lembaga pemerintahan nagari dalam koordinasi pengambilan keputusan berbasis kearifan lokal di Nagari Talang Koto Pulai Tapan Pesisir Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Nagari Talang Koto Pulai Tapan Pesisir Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya koordinasi lembaga pemerintahan nagari dalam pengambilan keputusan berbasis kearifan belum dilakukan dengan baik. Pelaksanaan koordinasi dalam pengambilan keputusan masih mengalami kendala dan hambatan. Koordinasi dilakukan oleh Wali Nagari, Bamus, dan KAN. Masing-masing lembaga tersebut melakukan koordinasi sesuai dengan masalah yang dihadapi. Misalnya permasalahan mengenai penyelenggaraan pemerintahan nagari seperti kegiatan pembangunan, pemberdayaan, pembinaan, dan lain sebagainya itu dilakukan koordinasi antara Wali Nagari dan Bamus. Apabila permasalahan mengenai adat-istiadat seperti sengketa tanah atau tanah ulayat maka untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan koordinasi oleh Wali Nagari dan KAN. Pelaksanaan kegiatan koordinasi lembaga pemerintahan nagari dalam pengambilan keputusan berbasis kearifan lokal masih memiliki kendala. kendala-kendala tersebut disebabkan oleh faktor komunikasi, ego dari setiap lembaga yang terkait, serta rapat koordinasi yang jarang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorSyamsir, SyamsirUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:03
Last Modified: 07 Feb 2024 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50437

Actions (login required)

View Item View Item