Dampak Penggunaan Dana Desa untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bernai Kabupaten Sarolangun Jambi

Febbiansyah, Fani (2023) Dampak Penggunaan Dana Desa untuk Meningkatkan Kualitas Hidup dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Bernai Kabupaten Sarolangun Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_FANI_FEBBIANSYAH_19042211_8642_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dampak penggunaan dana desa untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat Desa Bernai Kabupaten Sarolangun Jambi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Untuk lokasi penelitian dilaksanakan di Desa Bernai Kabupaten Sarolangun Jambi. Dalam menentukan informan penulis menggunakan metode dan teknik purposive sampling. Dalam penelitian ini menggunakan jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penulis menggunakan teknik triangulasi metode. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak penggunaan dana desa untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat desa Bernai Kabupaten Sarolangun Jambi sudah sesuai berdasarkan pada Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan dan Penggunaan Dana Desa. Sedangkan mekanisme penggunaan dana desa pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penatausahaan juga sudah sesuai berdasarkan aturan yang ada tentang Pengelolaan dan Penggunaan Dana Desa. Namun, pada tahap pelaporan masih belum sesuai sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dimana pemerintah Desa Bernai belum bisa melaporkan kegiatannya tepat waktu. Sehingga untuk pertanggungjawaban akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk penyelenggaraan kegiatan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMalau, HasbullahUNSPECIFIED
CorrectorYusran, RahmadaniUNSPECIFIED
CorrectorYuliarti, YuliartiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Feb 2024 01:03
Last Modified: 07 Feb 2024 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50436

Actions (login required)

View Item View Item