Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Praktik Akuntansi Manajemen pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang

Nurfaadhilah, Nurfaadhilah (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Praktik Akuntansi Manajemen pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NURFAADHILAH_19043117_6470_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Usaha kecil menengah (UKM) memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan perekonomian negara. Perkembangan UKM dapat didorong oleh pemanfaatan alat atau praktik-praktik akuntansi manajemen (PAM) sebagai dasar pengambilan keputusan agar kinerja usahanya menjadi efektif dan efisien dalam mencapai tujuan. Akan tetapi, penelitian mengenai PAM pada UKM di negara berkembang masih sedikit dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor kontingensi apa saja (ukuran perusahaan, partisipasi pemilik, persaingan pasar, dan teknologi informasi) yang dapat mempengaruhi penerapan PAM pada UKM. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey dengan penyebaran kuesioner. Purposive sampling digunakan sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Adapun responden dalam penelitian ini adalah pemilik atau staf/manajer akuntansi/keuangan. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 UKM. Analisis regresi berganda dengan SPSS versi 29 digunakan untuk menganalisis data dan menguji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor kontingensi yang berpengaruh pada pengimplementasian PAM yang digunakan oleh UKM di Kota Padang antara lain tingkat ukuran perusahaan, partisipasi pemilik, persaingan pasar, dan teknologi informasi karena variabel tersebut mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap penggunaan PAM oleh UKM. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi tumpuan bagi penelitian-penelitian selanjutnya di bidang akuntansi manajemen, desain organisasi dan tata kelola perusahaan pada UKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHandayani, Dian FitriaUNSPECIFIED
CorrectorCheisviyanny, CharolineUNSPECIFIED
CorrectorSerly, VanicaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRAKTIK AKUNTANSI MANAJEMEN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:43
Last Modified: 06 Feb 2024 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50433

Actions (login required)

View Item View Item