Optimalisasi Performa Alat Angkut Dump Truck Scania P360 dalam Pengangkutan Batu Kapur dari PNBP VI Menuju Stockpile Limestone Crusher 6 di Bukit Karang Putih PT. Semen Padang,Provinsi Sumatera Barat.

Pranata, Hadi (2023) Optimalisasi Performa Alat Angkut Dump Truck Scania P360 dalam Pengangkutan Batu Kapur dari PNBP VI Menuju Stockpile Limestone Crusher 6 di Bukit Karang Putih PT. Semen Padang,Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_HADI_PRANATA_18137016_8969_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PT. Semen Padang merupakan salah satu perusahaan produksi semen di Indonesia yang tergabung dalam Semen Indonesia Group. Untuk kegiatan penambangan, PT. Semen Padang melakukan penambangan batu kapur dan silika di kawasan Bukit Karang Putih yang merupakan IUP (Izin Operasi Pertambangan) PT. Di Semen Padang, kegiatan penambangan dilakukan dengan metode tambang terbuka (quarry). Dalam menjalankan operasi produksi, PT. Semen Padang bermitra dengan PT. United Tractor Semen Gresik (UTSG). Untuk area PNBP, perusahaan menggunakan 1 Excavator Komatsu PC300-8LC dan 4 Dump Truck Scania P360. PT. Semen Padang mematok target produksi UTSG sebesar 3.000 ton per hari. Kapasitas produksi alat muat sebenarnya hanya 3.804,87 ton per hari, dan alat angkut 1.740 ton per hari. Hal ini disebabkan tingginya lost time akibat tidak efektifnya waktu kerja peralatan mekanik yang sebenarnya akibat adanya hambatan. Beberapa kendala yang diamati adalah antrian selama 15 menit di area Crusher VI, waktu siklus pengangkutan aktual 21 menit dibandingkan dengan 15 menit yang direncanakan, dan penundaan yang nyata sekitar 10 menit dalam pengoperasian peralatan. Setelah dihitung nilai kesesuaian alat muat dan alat angkut, jika MF < 1 maka alat muat menunggu, sedangkan alat angkut beroperasi penuh. Berdasarkan permasalahan tersebut, metode yang dianut adalah Match Factor. Hasil produksi setelahperbaikan meningkat menjadi 123% dari target produksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGusman, MulyaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BATUKAPUR, ALAT ANGKUT, DUMP TRUCK
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 06 Feb 2024 08:43
Last Modified: 06 Feb 2024 08:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50431

Actions (login required)

View Item View Item