Pengaruh Tekanan Karyawan, Tekanan Pemegang Saham Dan Gender Diversity terhadap Kualitas Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021)

Putri, Nabilah Aisha (2023) Pengaruh Tekanan Karyawan, Tekanan Pemegang Saham Dan Gender Diversity terhadap Kualitas Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_NABILAH_AISHA_PUTRI_19043113_6785_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tekanan karyawan, tekanan pemegang saham dan gender diversity terhadap kualitas sustainability report. Variabel dependen dalam penelitian ini ialah kualitas sustainability report. Kualitas sustainability report diukur dengan nilai SRQ yaitu indeks pengungkapan berdasarkan GRI-Standards untuk perusahaan sampel tahun pengamatan 2017- 2021. Variabel independen dalam penelitian ini ialah tekanan karyawan, tekanan pemegang saham dan gender diversity. Variabel tekanan karyawan diukur dengan logaritma natural (Ln) jumlah karyawan. Variabel tekanan pemegang saham diukur dengan tingkat konsentrasi struktur kepemilikan yaitu dengan membandingkan jumlah saham yang dipegang perusahaan induk/mayoritas dan total keseluruhan saham. Variabel gender diversity diukur dengan membandingkan jumlah anggota dewan komisaris wanita dan jumlah keseluruhan anggota dewan komisaris. Penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Populasi penelitian adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021 dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling sehingga sampel akhir penelitian ini adalah 48 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan karyawan dan tekanan pemegang saham berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kualitas sustainability report. Gender diversity tidak berpengaruh terhadap kualitas sustainability report

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErinos, ErinosUNSPECIFIED
CorrectorHelmy, HerlinaUNSPECIFIED
CorrectorNelvirita, NelviritaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH TEKANAN KARYAWAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:30
Last Modified: 06 Feb 2024 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50426

Actions (login required)

View Item View Item