Pengembangan Model Problem based Learning with Communicative Games (PBL-CG) untuk Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Jambi

Kurniati, Erisa (2023) Pengembangan Model Problem based Learning with Communicative Games (PBL-CG) untuk Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar di Jambi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ERISA_KURNIATI_17169006_183_2023.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model Problem Based Learning with Communicative Games (PBLCG) yang valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris pada Sekolah Dasar di Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD). Proses pengembangan menggunakan model instruksional dengan pendekatan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu; analysis, design, development, implementation dan evaluation. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, lembar panduan wawancara, dokumen pembelajaran dan kurikulum 2013, angket, dan lembar tugas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas v dari lima Sekolah Dasar di Kota Jambi yang menerapkan pembelajaran Bahasa Inggris dan kurikulum 2013. Produk divalidasi oleh para pakar sesuai dengan keahlian masing-masing. Validitas produk ditinjau dari aspek isi, bahasa, dan desain pada buku model, buku siswa, dan buku guru. Praktikalitas model PBL-CG dilihat dari aspek keterlaksanaan pembelajaran dengan cara mengobservasi keterlaksanaan model PBL-CG dalam pembelajaran Bahasa Inggris di kelas V dan persepsi guru dan siswa terhadap model PBL-CG dengan menggunakan angket. Efektivitas model diukur dari nilai siswa yang meliputi aspek aktivitas siswa dalam kelompok, keterampilan pemecahan masalah dan aspek pengetahuan. ||Penilaian aktivitas siswa dalam kelompok dan keterampilan pemecahan masalah dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan, dan penilaian pengetahuan siswa dilakukan dengan menggunakan tes tertulis. Analisis deskriptif dilakukan terhadap data validitas dan praktikalitas model PBL-CG, sedangkan data efektivitas dianalisis dengan menggunakan Manova test. Dari penelitian ini dihasilkan model Problem Based Learning with Communicative Games (PBL-CG) untuk pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar dengan sintaks mengorientasikan siswa terhadap masalah, mengorganisasikan siswa untuk bermain sebagai proses pemecahan masalah menggunakan permainan komunikatif, membimbing siswa dalam penyelidikan individu dan kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan menganalisis serta mengevaluasi proses pemecahan masalah menggunakan permainan komunikatif serta sistem pendukung yang terdiri dari buku model.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJufrizal, JufrizalUNSPECIFIED
Thesis advisorJufri, JufriUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorRozimela, YenniUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorM Zaim, M ZaimUNSPECIFIED
CorrectorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:30
Last Modified: 06 Feb 2024 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50424

Actions (login required)

View Item View Item