Pengembangan Model Pembelajaran Probaflim pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman

Asril, Elvira (2023) Pengembangan Model Pembelajaran Probaflim pada Mata Kuliah Algoritma Pemrograman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_ELVIRA_ASRIL_15193004_6347_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahulu dan analisis kebutuhan yang telah dilaksanakan pada mata kuliah algoritma pemrograman, program studi teknik informatika, terdapat temuan hasil belajar dan kemampuan memahami logika pemrograman yang masih rendah pada mahasiswa, sehingga perlu dilakukan pengembangan model pembelajaran yang relevan dengan kondisi pandemi dan Revolusi Industri 4.0. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Probaflim (Problem Based Flipped Classroom) pada mata kuliah algoritma pemrograman. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development atau R&D). Teknik analisis data untuk validitas konten menggunakan uji Aiken’s V. Untuk mengukur validitas produk dilakukan uji pakar dan Focus Group Discussion (FGD), sedangkan untuk kepraktisan dilakukan uji penerapan produk ke mahasiswa menggunakan angket. Sedangkan efektivitas produk, dilakukan uji coba eksperimen, menggunakan pretest-posttest design pada aspek koginitif sedangkan aspek afektif dan psikomotor menggunakan lembar observasi dalam bentuk rubrik penilaian. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran Probaflim yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah algoritma pemrograman. Uji validitas telah dilakukan pada sintaks, dan produk model pembelajaran Probaflim. Untuk praktikalitas model pembelajaran berdasarkan respon dosen dan mahasiswa dinyatakan sudah praktis dan efektif. Efektif dalam peningkatan hasil belajar mahasiswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotor serta peningkatan aktivitas belajar. Model pembelajaran Probaflim dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran pada program studi teknik informatika, yang diharapkan dapat memberikan peningkatan kompetensi dan semangat programming mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJalius, NizwardiUNSPECIFIED
Thesis advisorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, ALGORITMA PEMROGRAMAN
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:22
Last Modified: 06 Feb 2024 06:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50419

Actions (login required)

View Item View Item