Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Pemrograman Kolaboratif pada Matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek

Efan, Efan (2023) Pengembangan Model Pembelajaran berbasis Pemrograman Kolaboratif pada Matakuliah Pemrograman Berorientasi Objek. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_08_EFAN_17193035_5072_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Strategi dan metode yang telah ditawarkan pada pembelajaran matakuliah Pemrogrman Berorientasi Objek (PBO) cenderung berdampak pada peningkatan keterampilan individual saja. Dibutuhkan strategi pembelajaran yang relevan dan mampu meningkatkan kemampuan kerja kolaborasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berbasis pemrograman kolaboratif (CPBL) yang sesuai pada matakuliah PBO dan mengetahui validitas, praktikalitas, serta efektivitasnya. Penelitian dan pengembangan model CPBL dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan ADDIE dengan melibatkan tujuh pakar, 35 mahasiswa kelas eksperimen, 23 mahasiswa kelas kontrol dan empat orang dosen pengampuh matakulaih PBO. Validitas diuji dengan menggunakan formula Aiken’s V, praktikalitas diuji dengan melihat respon mahasiswa dan dosen terhadap kuesioer yang disebar, dan efektifitas diuji dengan melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah pelaksanaan pembelajaran. Temun penelitian menyatakan: 1) hasil uji validitas berdasarkan penilaian dari para pakar menyatakan bahwa aspek-aspek yang terdapat dalam model CPBL terbukti valid dengan nilai Aiken’s V sebesar 0.89, 2) hasil uji praktikalitas menyatakan model CPBL sangat praktis dengan nilai praktikalitas 89.95% dari mahasiswa dan 89.67% dari dosen, 3) uji efektifitas membuktikan bahwa penerapan model CPBL mampu mereduksi masalah abstraksi dan komplesitas matakuliah PBO dan juga mampu meningkatkan keterampilkan kolaborasi mahasiswa terutama dalam pemrograman.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJama, JaliusUNSPECIFIED
CorrectorKrismadinata, KrismadinataUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorM. Giatman, M. GiatmanUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorMuskhir, MukhlidiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MODEL CPBL, PEMBELAJARAN KOLABORATIF, PEMROGRAMAN KOLABORATIF, MODEL PEMBELAJARAN, PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 06 Feb 2024 06:22
Last Modified: 06 Feb 2024 06:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50418

Actions (login required)

View Item View Item