Pengembangan E-Book IPA Berbasis Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik SMP

Pramita, Rissa (2023) Pengembangan E-Book IPA Berbasis Model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) untuk Meningkatkan Keterampilan 4C Peserta Didik SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_RISSA_PRAMITA_21175017_8748_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abad 21 dikenal dengan masa pengetahuan (knowledge age), keterampilan yang berkembang pesat. Abad 21 menuntut sumber daya manusia yang berkualitas serta penguasaan berbagai keterampilan, salah satunya keterampilan 4C. Keterampilan 4C yang terdiri dari keterampilan berpikir kritis, kreatif, kerja sama, dan komunikasi. Kenyataan yang terjadi di sekolah dimana keterampilan 4C peserta didik masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari data studi pendahuluan tentang keterampilan 4C peserta didik. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya keterampilan 4C yaitu penggunaan sumber belajar yang belum bervariasi dan sumber belajar yang belum menggunakan sintaks model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan 4C peserta didik pada tingkat SMP. Selain itu, bahan ajar yang digunakan masih berbentuk cetak dan belum memanfaatkan teknologi dalam penggunaannya. E-Book IPA berbasis model RADEC merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Book IPA berbasis model RADEC yang valid, praktis, dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik pada tingkat SMP kelas VIII semester 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis, desain/perancangan, pengembangan, implementasi, dan umpan balik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen observasi, instrumen validasi, intrumen praktikalitas guru dan peserta didik, serta instrumen efektivitas. Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu data hasil observasi, data hasil validasi, data hasil praktikalitas, dan data hasil efektivitas keterampilan 4C peserta didik. Hasil dalam penelitian yang dilakukan yaitu hasil validitas, hasil praktikalitas, dan hasil efektivitas E-Book IPA. Tingkat validitas E-Book IPA berbasis model RADEC dinyatakan dalam kategori valid. Tingkat praktikalitas E-Book IPA berbasis model RADEC oleh guru dan peserta didik dinyatakan dalam kategori praktis. Tingkat efektivitas E-Book IPA berbasis model RADEC ditinjau dari keterampilan 4C yang terdiri dari berpikir kritis, kreatif, kerja sama, dan komunikasi. Hasil uji efektivitas E-Book IPA berbasis model RADEC dinyatakan efektif pada keterampilan 4C (berpikir kritis, kreatif, kerja sama, dan komunikasi). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-Book IPA berbasis model RADEC memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan 4C peserta didik pada tingkat SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-BOOK IPA, MODEL RADEC, KETERAMPILAN 4C
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 09:02
Last Modified: 05 Feb 2024 09:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50412

Actions (login required)

View Item View Item