Efektivitas Pengelolaan Air Asam Tambang di KPL BB 04 Mengunakan Metode Constructed Swampy Forest (hutan rawa buatan) Pt Bukit Asam Tbk.

Hamdani, Fikri (2023) Efektivitas Pengelolaan Air Asam Tambang di KPL BB 04 Mengunakan Metode Constructed Swampy Forest (hutan rawa buatan) Pt Bukit Asam Tbk. Diploma thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_FIKRI_HAMDANI_20080016_8503_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan air asam tambang dilakukan dengan menggunakan metode constructed Swampy Forest. Dimana setiap kompartemen dilakukan berbagai treatment yang berkelanjutan. Kemudian dilakukan pengecekan berdasarkan keseluruhan parameter hasil uji di laboratorium. Sehingga didapatkan hasil pengujian tanaman yang paling efektif digunakan untuk pengelolaan air asam tambang yaitu tanaman Kiambang (Salvinia natans), Ekor Kucing (Tyhpa latifolia), Eceng Gondok (Eichornia crassipes) dan Melati Air (Echinodorus palaefolius). Berdasarkan hasil pengujian penetralan logam yaitu sampel yang diambil dari Inlet Kolam Pengendap Lumpur (KPL BB-04). Hasil dari parameter pengujian tersebut yang paling banyak menurunkan nilai pH yaitu tanaman Eceng Gondok, karena tanaman tersebut dapat menurunkan pH sebanyak 0,66. Kemudian tanaman yang memiliki nilai Total Suspended Solid (TSS) yaitu tanaman Ekor Kucing dengan presentase penurunan sebanyak 74,1%. Kemudian tanaman yang paling banyak menyerap logam Fe yaitu tanaman Kiambang dengan presentase penurunan sebanyak 37,4%. Dan tanaman yang paling banyak menyerap logam Mn yaitu tanaman Kiambang dengan presentase penurunan sebanyak 92,9%

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFadhillah, FadhillahUNSPECIFIED
CorrectorRusli, RusliUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGELOLAAN AIR, TAMBANG, HUTAN RAWA
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 05 Feb 2024 08:45
Last Modified: 05 Feb 2024 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50411

Actions (login required)

View Item View Item