Pengembangan Model Cooperative Project-Based Learning (CPjBL) Berbasis Lingkungan Belajar Cerdas pada Mata Kuliah Pemrograman Java

Melyanti, Rika (2023) Pengembangan Model Cooperative Project-Based Learning (CPjBL) Berbasis Lingkungan Belajar Cerdas pada Mata Kuliah Pemrograman Java. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_RIKA_MELYANTI_20193015_7396_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Cooperative Project Based Learning berbasis lingkungan belajar cerdas pada mata kuliah pemrograman java yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau disebut dengan Research and Development (R&D) berbasis kualitatif dan kuantitatif. Penelitian pengembangan model CPjBL berbasis lingkungan belajar cerdas dalam peningkatan kemampuan literasi digital peserta didik dengan pemanfaatan Information Communication Technology (ICT) diberlakukan metode penelitian eksperimen, dan prosedur penelitian pengembangan model Cooperative Project Based berbasis lingkungan belajar cerdas menggunakan framework laravel ini mengikuti urutan kegiatan pada model pengembangan Borg & Gall. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Hang Tuah Pekanbaru. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah pemrograman java pada semester ganjil 2021/2022. Model yang dihasilkan berupa Cooperative Project Based Learning berbasis lingkungan belajar cerdas dengan 8 sintak yang dihasilkan yaitu: 1) Memotivasi dan menetapkan tujuan dan capaian pembelajaran, 2) Membuat kelompok dengan aplikasi smart learning dan merumuskan masalah, 3) Melakukan review dan analisis kasus, 4) Mendesain proyek, 5) Membuat proyek dan monitoring online, 6) Presentasi proyek di kelas, 7) Evaluasi, 8) Penghargaan dan Refleksi. Dan menghasilkan produk berupa buku model CPjBL berbasis lingkungan pembelajaran cerdas, buku panduan dosen, buku panduan mahasiswa dan buku modul pembelajaran Pemrogaman Java yang tergolong valid, praktis dan efektif. Hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah pemrograman java dengan model CPjBL berbasis lingkungan belajar cerdas hasil belajar kelas eksperimen 82,45 lebih meningkat dibanding kelas kontrol 76,07. Ada empat unsur penilaian aspek afektif (4C) dalam pembelajaran yaitu critical thinking, collaboration, commuication, creativity. Dari keempat aspek tersebut didapatkan hasil tertinggi pada kemampuan creativity yaitu 84,15.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
CorrectorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorKrismadinata, KrismadinataUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK, LINGKUNGAN BELAJAR CERDAS, PEMROGRAMAN JAVA, BORG & GALL
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:50
Last Modified: 05 Feb 2024 04:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50404

Actions (login required)

View Item View Item