Efektifitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Assertive Training dalam mengurangi Kecemasan Korban Bullying pada Siswa SMA

Sadeli, Rahmat Dwi Putra (2023) Efektifitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Assertive Training dalam mengurangi Kecemasan Korban Bullying pada Siswa SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_RAHMAT_DWI_PUTRA_SADELI_19151032_2116_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu, (1) mendeskripsikan kecemasan bullying siswa SMA 6, (2) mengungkapkan perbedaan kecemasan korban bullying siswakelompok eksperimen yang mengikuti konseling kelompok menggunakan teknik assertive training dengan kelompok kontrol tanpa perlakuan khusus, (3) mengungkapkan efektifitas konseling kelompok menggunakan teknik assertive training dalam mengurangi kecemasan siswa korban bullying di SMA 6. Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian ini sebanyak 12 siswa untuk kelompok eksperimen dan 12 siswa untuk kelompok kontrol. Penarikan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik nonparametrik.Instrumen penelitian yang digunakan adalah Beck Anxiety Inventory (BAI) dengan model SkalaLikert, data dianalisis dengan menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Kolmogorov-Smirnov Two Independent Sampels dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan korbanbullying kelompok eksperimen sebelum dan sesudah mengikuti layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training, (2) terdapat perbedaan yang signifikan kecemasan korbanbullying kelompok kontrol sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus, (3) terdapat perbedaan kecemasan korbanbullying kelompok eksperimen yang diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training dengan kelompok kontrol yang diberikan layanan konseling kelompok tanpa perlakuan khusus, hal ini terlihat pada skor rata-rata postestkecemasan bullying kelompok eksperimen turun lebih tinggi dari pada skor rata-rata postestkecemasan korban bullyingkelompok kontrol. Dengan demikian, layanan konseling kelompok menggunakan teknik assertive training efektif dalam mengurangi kecemasan korbanbulllying siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KONSELING KELOMPOK, TEKNIK ASSERTIVE TRAINING, KORBAN BULLYING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:10
Last Modified: 05 Feb 2024 04:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50401

Actions (login required)

View Item View Item