Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA

Dona, Prisma (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas X SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_PRISMA_DONA_18175025_228_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pencapaian kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X belum maksimal. Salah satu penyebabnya adalah bahan ajar yang digunakan masih berupa modul cetak serta belum memberdayakan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian meliputi angket pendahuluan, angket validasi, angket praktikalitas, dan tes tertulis. Teknik analisis data untuk validasi menggunakan rumus Aiken’s V, untuk efektivitas menggunakan rumus N-gain, dan penilaian praktikalitas menggunakan deskriptif persentase. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan tigas hasil penelitian. Pertama, e-modul fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas X SMA adalah valid dengan nilai 0,83. Kedua, e-modul fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah praktis menurut guru dan siswa dengan nilai 93,57 dan 82,10. Ketiga, e-modul fisika berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah efektif karena bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dengan nilai 66,08% dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorAsrizal, AsrizalUNSPECIFIED
CorrectorYulkifli, YulkifliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL FISIKA, KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 04:09
Last Modified: 05 Feb 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50398

Actions (login required)

View Item View Item