Pengaruh Pembelajaran Daring, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Masa Pandemi Covid-19di SDN 22 Ujung Gurun Padang

Saputra, Peno Eka (2023) Pengaruh Pembelajaran Daring, Dukungan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PJOK pada Masa Pandemi Covid-19di SDN 22 Ujung Gurun Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_PENO_EKA_SAPUTRA_16199130_5508_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pendidikan jasmani olahraga kesehatan peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 22 Ujung Gurun. Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan pengaruh pembelajaran daring, dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini secara kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisi jalur (Path Analysis). Populasi penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang.Data dikumpulkan dengan pengisian angket dan observasi untuk pembelajaran daring, dukungan orang tua,dan motivasi belajar serta untuk mengukur hasil belajar siswa digunakan Nilai Ujian Siswa. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran daring berpengaruh secara langsung terhadap hasil belajar sebesar 5,85%. (2) Dukungan orang tua berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 6,30%. (3) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar sebesar 4,41%. (4) Pembelajaran daring berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 7,63%. (5) Dukungan orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar sebesar 12,57%. (6) Pembelajaran daring, dukungan orang tua dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar siswa sebesar 19 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBafirman HB, Bafirman HBUNSPECIFIED
CorrectorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorPadli, PadliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DARING, DUKUNGAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:21
Last Modified: 05 Feb 2024 01:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50393

Actions (login required)

View Item View Item