Efektivitas Penggunaan Metoda Airdeck pada Peledakan Overburden di PT.Hasnur Riung Sinergi site Bhumi Rantau Energi Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan.

Putra, Aldi Suganda (2023) Efektivitas Penggunaan Metoda Airdeck pada Peledakan Overburden di PT.Hasnur Riung Sinergi site Bhumi Rantau Energi Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_ALDI_SUGANDA_PUTRA_19137003_9358_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

PT. Bhumi Rantau Energi merupakansalahsatuperusahaanpertambangan yang mengolah site di KabupatenTapin, Provinsi Kalimantan Selatan yang dimanametodauntukpembongkaran overburden dilakukandenganmetodapeledakan. MetodapeledakansendiridilakukanolehkontraktorHasnurRiungSinergidengan sub-kontraktor Multi Nikro Kimia. Sebagisalahsatuupayaperbaikansecaraberkelanjutanperusahaanberupayamengoptimasidanmemberikanefisiensipada proses peledakan.Halinimerupakanperbaikandalambiayapeledakan. Penelitiansendirimenggunakanbeberapakajiansertapendekatanempirismetodeuntukmenemukanmetode yang bisamengakamodirpada target perbaikan. MetodaAirdeckmenjadipilihanperusahaangunaperbaikanberkelanjutan.Pertimbanganefektivitassertaefisiensimenjadifaktor yang membuatdinamikamenjadimenarik.Powder factor yang dihasilkan dari peledakan konvensional yaitu sebesar 0.14 kg/bcm sedangkan peledakan airdeck menghasilkan pf sebesar 0.09 kg/bcm. Sedangkan untuk volume peledakan, peledakan konvensional menghasilkan rata- rata 20.249 bcm dan 19.548 untuk peledakan airdeck. Waktu kerja untuk peledakan konvensional rata-rata 43 menit dan 71 menit untuk peledakan airdeck.Dan untuk biaya peledakan, metoda konvensional membutuhkan rata-rata Rp270.088.312dan Rp170,115,164.untuk peledakan airdeck yang dimana perusahaan profit di angka 37%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorYulhendra, DediUNSPECIFIED
RecipientAnarta, RudiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: METODE AIRDECK, PELEDAKAN, PERTAMBANGAN
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:31
Last Modified: 02 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50390

Actions (login required)

View Item View Item