Analisis Modernisasi Sistem Administrasi Pajak Pertambahan Nilai dengan E-faktur 3.2 Berdasarkan Asas Ease of Administration pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua

Fitria, Gina (2023) Analisis Modernisasi Sistem Administrasi Pajak Pertambahan Nilai dengan E-faktur 3.2 Berdasarkan Asas Ease of Administration pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_GINA_FITRIA_20233035_5540_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Modernisasi Sistem Administrasi Pajak Pertambahan Nilai dengan E-faktur 3.2 Berdasarkan Asas Ease of Administration di Kota Padang. Penelitian dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Padang Dua yang beralamat di Jl. Pemuda No 46, Kota Padang, Sumatera Barat. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif, karena pada penelitian ini peneliti mendeskripsikan dan menceritakan suatu fakta, fenomena-fenomena yang terjadi pada saat sekarang. Data dikumpulkan melalui wawancara dan juga diperoleh dari sumber-sumber yang sudah ada pada KPP Pratama Padang Dua. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerimaan pajak PPN melalui aplikasi e-Faktur dari tahun 2018-2022 mengalami pencapaian target yang bervariasi. Hal ini disebabkan karena implementasi e-Faktur masih terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan yang dirasakan oleh Pengusaha Kena Pajak. Oleh karena itu, membuat implementasi e-Faktur 3.2 perlu ditinjau dari asas ease of administration yang mana konsep pada asas ini memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi PKP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Namun, saat pengimplementasian PKP masih merasakan kendala saat penggunaan e-Faktur 3.2 sehingga jika ditinjau dari asas ease of administration masih belum sepenuhnya terpenuhi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusanti, DessiUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, ChichiUNSPECIFIED
CorrectorZona, Mega AsriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PAJAK
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen-D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Feb 2024 08:31
Last Modified: 02 Feb 2024 08:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50388

Actions (login required)

View Item View Item