Pengembangan E-Modul IPA SMA Sekolah Penggerak Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dengan Tema Lingkungan Hidup

Hidayatullah, Silmi (2023) Pengembangan E-Modul IPA SMA Sekolah Penggerak Terintegrasi Inkuiri Terbimbing dengan Tema Lingkungan Hidup. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_SILMI_HIDAYATULLAH_20175014_211_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa hal, antara lain tidak terdapatnya sumber belajar yang dapat memfasilitasi peserta didik, rendahnya penilaian hasil sumatif peserta didik, kurang aktifnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Pendidik belum menggunakan teknologi yang dapat memotivasi dan menstimulus peserta didik. Pendidik juga belum sepenuhnya mengembangkan sumber belajar yang menarik bagi peserta didik. Hal ini menyebabkan peserta didik masih sulit memahami materi sehingga capaian pembelajaran peserta didik mata pelajaran IPA tidak tercapai dengan semestinya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan elektronik modul IPA terintegrasi inkuiri terbimbing pada materi energi terbarukan yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data penelitian adalah data validitas, praktikalitas, dan efektifitas. Instrumen pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, lembar praktikalitas, tes objektif, lembar observasi sikap, dan lembar observasi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji n-gain dan uji t-test berkorelasi. Hasil penelitian ini adalah elektronik modul IPA terintegrasi inkuiri terbimbing telah memenuhi kriteria valid dengan nilai aikens’v 0,8 yang berada pada kategori valid. Praktikalitas elektronik modul IPA terintegrasi inkuiri terbimbing dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. Praktikalitas oleh pendidik didapatkan nilai aikens’v 0,83 dengan kategori sangat praktis. Praktikalitas oleh peserta didik didapatkan nilai dengan menggunakan aikens’v 0,78 dengan kategori praktis. Elektronik modul IPA terintegrasi inkuiri terbimbing pada kompetensi pengetahuan uji t-test berkorelasi mendapatkan nilai th sebesar -9,82 dan tt sebesar -1,78 pada uji keterampilan uji t-test berkorelasi mendapatkan nilai th sebesar -16,15 dan tt sebesar -1,78 , Dapat disimpulkan bahwa elektronik modul IPA terintegrasi inkuiri terbimbing teruji valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: E-MODUL, INKUIRI TERBIMBING, SEKOLAH PENGGERAK
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:15
Last Modified: 02 Feb 2024 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50382

Actions (login required)

View Item View Item