Perkembangan Industri Batu Bata Anwar dan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Nagari Rambatan Kabupaten Tanah Datar Batusangkar 1996–2020

Putra, Andrio Turmenda (2023) Perkembangan Industri Batu Bata Anwar dan Dampak Sosial Ekonomi Masyarakat Nagari Rambatan Kabupaten Tanah Datar Batusangkar 1996–2020. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_Andrio_Turmenda_Putra_16046104_7487_2023.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan industri bata bata Anwar dan dampak sosial ekonomi masyarakat dengan adanya industri batu bata di Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Batusangkar tahun 1996 – 2020. Penelitian ini mengikuti prosedur resmi penelitian sejarah yang terduri dari empat tahap : heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi ( penulisan ). Pertama, tahap heuristik yaitu mencari dan mengumpulkan data. Kedua, tahap kritik sumber, terbagi menjadi dua yaitu kritik ekstern dan kritik intern untuk menemukan keabsahan sumber yang diteliti. Ketiga, interpretasi atau analisis data dengan merangkum semua data sehingga diperoleh gambaran berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini. Keempat, tahap historiografi, yaitu penulisan laporan penelitian ke dalam tulisan ilmiah yaitu skripsi. Data menggunakan data wawancara yang diperoleh dari inform kunci. Inform kunci dalam penelitian ini adalah Bapak Anwar sebagai pemilik industry batu bata di Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Batusangkar beserta pekerja dan beberapa informan pendukung lainnya. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu perkembangan berdirinya industri batu bata dan dampak sosial ekonomi masyarakat dengan adanya industri batu bata di Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar tahun 1996 - 2020. Keberadaan industri batu bata memberikan dampak dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat Nagari Rambatan. Perubahan sosial tersebut dapat dilihat dari munculnya golongan baru dalam masyarakat yaitu golongan pengusaha, meningkatanya kesadaran orang tua terhadap pendidikan anak dan meningkatnya kesejahteraan keluarga. Adanya industri batu bata di Nagari Rambatan juga berdampak pada kehidupan ekonomi masyarakat. Berdirinya industri batu bata di Nagari Rambatan membawa dampak dalam mata pencaharian masyarakat dengan terciptanya lapangan pekerjaan sehingga tingkat ekonomi masyarakat menjadi lebih baik. Menjadikan mereka mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Selain itu pengusaha juga dapat memenuhi kebutuhan yang bersifat sekunder dan tersier.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRusdi, RusdiUNSPECIFIED
CorrectorAsri, ZulUNSPECIFIED
CorrectorHardi, EtmiUNSPECIFIED
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:15
Last Modified: 02 Feb 2024 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50380

Actions (login required)

View Item View Item