Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Tanah Datar

Wahyuni, Sri (2023) Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MAN 2 Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_SRI_WAHYUNI_21177024_7576_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemilihan model pembelajaran yang tepat pada proses pembelajaran menjadi bagian penting dalam meningkatkan kualitas guruan. Proses pembelajaran di MAN 2 Tanah Datar masih banyak menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Dalam proses pembelajaran peserta didik memiliki tingkat keseriusan belajar yang berbeda yang ditunjukkan melalui aktivitas dan hasil belajar yang beragam. Peserta didik yang serius dan aktif hanya beberapa orang saja, sementara sebagian besar peserta didik memperlihatkan perilaku mengganggu ketika proses pembelajaran berlangsung. Solusi untuk menangani permasalahan tersebut adalah menerapkan model pembelajaran problem based learning yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning pada mata pelajaran Biologi materi sistem pencernaan manusia dan sistem pernafasan. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) dengan model penelitian yang merujuk pada model Kemmis dan MC Tanggart. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Tanah Datar yang terdaftar pada tahun pelajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 MAN 2 Tanah Datar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data aktivitas dan hasil belajar peserta didik adalah teknik presentase dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sistem pencernaan manusia dan sistem pernafasan. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I (68,55%) dan siklus II (86,20%). Aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I (48%) ke siklus II (77%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar dalam pembelajaran biologi peserta didik kelas XI MIPA MAN 2 Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyamsurizal, SyamsurizalUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorViolita, ViolitaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS BELAJAR, HASIL BELAJAR, PROBLEM BASED LEARNING
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:53
Last Modified: 02 Feb 2024 06:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50363

Actions (login required)

View Item View Item