Efektivitas Pelayanan Fasilitasi Harmonisasi Ranperda (Bidang Hukum) secara Daring di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat

Andra, Aman (2023) Efektivitas Pelayanan Fasilitasi Harmonisasi Ranperda (Bidang Hukum) secara Daring di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_Aman_Andra_18042073_7546_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelayanan Fasilitasi Harmonisasi Ranperda (Bidang Hukum) secara daring pada tahun 2020-2021 di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat. Metode penelitian ini adalah kualitatif Deskripif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data manggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah aspek pencapaian tujuan diketahui bahwa pelaksanaan harmonisasi pada tahun 2020 terjadi penundaan sehingga dilakukan sepenuhnya daring. Pada tahun 2021 pengharmonisasian dilakukan secara hybrid sehingga dari aspek pencapaian tujuan sudah efektif. Lalu, aspek integrasi pengharmonisasian dilakukan secara daring menggunakan WhatApps dan aplikasi E-Perda Rancak. pelaksanaan harmonisasi rancangan peraturan daerah secara daring yang sebelumnya offline sehingga terjadinya perubahan yang mengakibatkan pelaksanaan tidak sesuai dengan tujuan dan sosialisasi pada tahun 2021 dilakukan secara hybrid yaitu rapat koordinasi dilakukan bersama pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mensosialisasikan kebijakan pengharmonisasian pada tahun 2021. Hal itu tidak berpengaruh besar terhadap pengharmonisasian, baik dari prosedur permohonan hingga pada rapat harmonisasi rancangan peraturan daerah. Lalu, aspek adaptasi yang dilakukan secara daring pada tahun 2020-2021 bisa menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi melalui beberapa upaya berupa persiapan baik dari sumber daya manusia maupun sarana dan prasarana yang disediakan untuk kantor dan pihak yang terlibat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
CorrectorMubarak, AdilUNSPECIFIED
CorrectorSyafril, RizkiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Feb 2024 02:58
Last Modified: 02 Feb 2024 02:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50362

Actions (login required)

View Item View Item