Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman

Fatmasari, Nia (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img] Text
B_01_NIA_FATMASARI_19155015_19155015_3212_2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar PAI siswa kelas X SMAN 1 V Koto Kampung Dalam Padang Pariaman dan untuk mengetahui hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN V Koto Kampung Dalam yang berjumlah 248 orang peserta didik dan terdiri dari kelas 9 kelas. Sampel yang digunakan dipilih berdasarkan nilai yang memiliki rata-rata yang hampir sama. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPS 3 eksperimen dan kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kemampuan berpikir kritis dan dan tes pembelajaran PAI. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji t dan uji anava. Berdasarkan temuan penelitian, diperoleh kesimpulan (1) hasil belajar PAI peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model konvensional, (2) hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir tinggi diajar dengan model pmebelajaran konvensional, (3) hasil belajar peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rendah yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir rendah diajar dengan model pembelajaran konvensional, (4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran berbasis masalah dan kemampuan berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar PAI peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmansyah, DarmansyahUNSPECIFIED
CorrectorKusumaningrum, IndratiUNSPECIFIED
CorrectorHidayati, AbnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR PAI, PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Feb 2024 08:08
Last Modified: 01 Feb 2024 08:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50346

Actions (login required)

View Item View Item