Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (tari) dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di Kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang

Wulandari, Zona Junita (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (tari) dengan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) di Kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_ZONA_JUNITA_WULANDARI_19023155_6721_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar siswa kelas VII dengan menggunakan Model Pembelajaran Direct Instruction pada Mata Pelajaran Seni Budaya (tari) di SMP Angkasa Lanud Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunaan 2 siklus. Alat yang digunakan dalam penelitian ini berupa alat tulis dan kamera dengan menggunakan lembar observasi sebagai pengumpulan data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Pemakaian model pembelajaran Direct Instruction dalam pembelajaran seni budaya khususnya di kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang bisa meningkatkan hasil belajar dan melibatkan siswa secara langsung pada pembelajaran seni tari yang meliputi konten dan praktik. Prestasi akademik siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang naik secara signifikan. Hal ini terbukti bahwa hasil belajar siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang meningkat dengan baik. Dengan melihat hasil tes pada siklus 1 rata-rata siswa adalah 79,00 dengan siswa yang tuntas tes tertulis 15 orang persentase ketuntasan 62,5%, siswa yang tidak tuntas ada 9 orang dengan persentae ketuntasan 37,5%, siswa yang tuntas pada tes psikomotorik dengan jumlah siswa yang tuntas ada 11 orang persentase ketuntasan 45,83%, yang tidak tuntas ada 13 orang dengan persentase ketuntasan54,16%. Pada siklus 2 rata-rata siswa adalah 85,30 dengan tes tertulis siswa yang tuntas 22 orang persentase ketuntasan 91,66%, dan ada 2 orang siswa yang tidak tuntas dengan persentase ketuntasan 8,33%, tes psikomotirik dengan jumlah siswa yang tuntas ada 22 orang persentase ketuntasan 91,66% dan siswa yang tidak tuntas 2 orang dengan persentase ketuntasan 8,33%.Dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Feb 2024 07:43
Last Modified: 01 Feb 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50343

Actions (login required)

View Item View Item