Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Ayat-ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Rahimah, Yulia Nur (2023) Tindak Tutur Ekspresif dalam Novel Ayat-ayat Cinta 2 Karya Habiburrahman El-Shirazy dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Yulia_Nur_Rahimah_19016134_5927_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tindak tutur ekspresif penting untuk dipahami dan dipelajari karena berguna untuk menunjang penyampaian pesan antara penutur dan mitra tutur. Tujuan penelitian ini adalah, pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur eskpresif yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy. Ketiga, mendeskripsikan implikasi pemahaman bentuk dan strategi bertutur dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data di dalam penelitian ini dipaparkan secara deskriptif berupa tindak tutur ekspresif yang terdapat pada kalimat percakapan atau dialog antartokoh dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy. Sumber data penelitian ini adalah novel berjudul Ayatayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy. Data penelitian dikumpulkan melalui teknik deskriptif dengan teknik dokumentasi dan teknik catat. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis model Miles dan Huberman berupa (1) identifikasi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk dan strategi bertutur tokoh yang terdapat dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy, serta implikasinya dalam pembelajaran bahasa Indoensia ditingkat sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Pertama, bentuk tindak tutur ekspresif yang ditemukan dalam novel Ayat-ayat Cinta 2 karya Habiburrahman El-Shirazy terbagi dalam delapan bentuk tuturan, yaitu mengucapkan terima kasih, memberi selamat, meminta maaf, berbelasungkawa, memuji, mengkritik, mengeluh, dan menyalahkan. Bentuk tindak tutur yang dominan ditemukan adalah tuturan meminta maaf, sedangkan yang tidak dominan ditemukan adalah tuturan berbelasungkawa. Kedua, ditemukan empat jenis strategi bertutur yaitu, strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan positif, strategi bertutur terus terang dengan basa basi kesantunan negatif, dan strategi bertutur samar-samar. Strategi bertutur yang dominan ditemukan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, sedangkan yang tidak dominan ditemukan adalah strategi bertutur samar-samar. Ketiga, implikasinya dalam pembelajaran, yaitu hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai rujukan bagi siswa maupun guru untuk materi pembelajaran KD 3.9 dan KD 4.9 dalam menganalisis dan merancang novel dengan memperhatikan isi dan kebahasaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:14
Last Modified: 01 Feb 2024 06:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50334

Actions (login required)

View Item View Item