Analisis Kuantitas Dan Kualitas Sistem Ventilasi Udara Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, Kab. Pesisir Selatan, Prov. Sumatera Barat.

Kevin, Agil Agung Rahmat (2023) Analisis Kuantitas Dan Kualitas Sistem Ventilasi Udara Tambang Bawah Tanah PT. Dempo Maju Cemerlang, Kab. Pesisir Selatan, Prov. Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_AGIL_AGUNG_RAHMAT_KEVIN_16137040_6824_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keterbatasan udara pada tambang bawah tanah menyebabkan diperlukannya sistem ventilasi untuk menyuplai udara segar bagi para pekerja tambang bawah tanah. Banyaknya kegiatan pertambangan yang dilakukan seperti kegiatan pengeboran dan peledakan yang mengeluarkan debu dan gas-gas beracun sehingga menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas udara pada tambang bawah tanah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap data kondisi kualitas dan kuantitas udara di tambang bawah tanah, mengungkapkan jarak yang dapat disuplai oleh kipas angin utama sesuai dengan spesifikasi blower, dan mengungkapkan biaya yang diperlukan untuk kipas angin utama pada tambang bawah tanah. PT. Dempo Maju Cemerlang terdapat kegiatan pengeboran dan peledakan, dari kegiatan pengeboran dan peledakan tersebut sirkulasi udara yang dialirkan oleh blower utama menuju lokasi penambangan bercampur dengan debu dari hasil pengeboran dan peledakan yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas penambangan dan kenyamanan pekerja di tambang bawah tanah. Dengan adanya sistem ventilasi yang baik dari segi kualitas dan kuantitas udara sesuai dengan peraturan KEPMEN No. 1827 K/30/MEM/2018 dan KEPDIRJEN ESDM No 185 K/37.04/DJB/2019 akan meningkatkan kenyamanan dan meningkatkan efisiensi kerja bagi pekerja pertambangan bawah tanah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHeriyadi, BambangUNSPECIFIED
CorrectorAndas, JukepsaUNSPECIFIED
CorrectorRahman, Harizona AuliaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TAMBANG BAWAH TANAH, PERTAMBANGAN, VENTILASI UDARA
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - D3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:10
Last Modified: 01 Feb 2024 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50326

Actions (login required)

View Item View Item