Efektivitas Standar Operasional Prosedur (SOP) Metode Analisa Konkret Temperature And Pressure Pada Kebocoran Sistem Pendingin Mobil

Lisan, Rizky Farhanul (2023) Efektivitas Standar Operasional Prosedur (SOP) Metode Analisa Konkret Temperature And Pressure Pada Kebocoran Sistem Pendingin Mobil. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_Rizky_Farhanul_Lisan_18073073_5730_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dari banyaknya kasus overheat, kebocoran pada mantel air (water jacket) dan pecahnya selang radiator walaupun sudah dilakukan pemompaan dengan menggunakan radiator tester dan sudah dikerjakan perawatan maintenance pada sistem pendingin masih terdapat juga kasus overheat, kebocoran pada mantel air dan selang pecah pada radiator. Oleh karena penulis mengembangkan suatu metode berupa SOP untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan suatu metode real dari temperatur dan tekanan air dari mesin dan metode ini lebih akurat yang penulis alami dilapangan daripada menggunakan alat radiator tester. Pada saat temperatur dan tekanan naik akan betul- betul terukur kemudian kondisi packing, klem, dan selang juga betul- betul terukur dengan menggunakan metode ini. Radiator tester tidak mampu untuk simulasikan kejadian yang sebenarnya oleh sebab itu penulis menawarkan suatu metode yang berupa SOP yang menggambarkan kejadian yang sebenarnya dengan biaya yang lebih murah. Metode ini sangat berguna dikarenakan masih banyak bengkel yang tidak memiliki alat pompa radiator tester. Pengujian sistem pendingin menjadi salah satu hal penting dalam proses perawatan mesin kendaraan. Penggunaan radiator tester menjadi salah satu standar yang telah digunakan dalam bengkel-bengkel perawatan. Proses pengujian radiator tester selain membutuhkan alat-alat khusus juga ditemukan beberapa kasus kebocoran yang tidak terdeteksi. Pada penelitian ini penulis mengusulkan sebuah metode analisa konkret yang mendasarkan pada temperatur dan tekanan untuk menguji kebocoran pada sistem pendingin mobil. Penelitian dilakukan dengan eksperimen pada beberapa mobil. Hasil menunjukkan bahwa metode ini terbukti lebih sederhana dan efektif dalam menguji kebocoran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRifdarmon, RifdarmonUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Dwi SudarnoUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:09
Last Modified: 01 Feb 2024 01:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50325

Actions (login required)

View Item View Item