Minat Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan

Alifka, Naufal (2023) Minat Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_9_Naufal Alifka_19073057_5983_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Manusia membutuhkan beberapa jenis tuntutan ekonomi untuk bertahan hidup di dunia ini. Akibatnya, pendapatan dan masalah terkait pendapatan dengan keluarga. Orang tua yang berpenghasilan tinggi akan mampu membiayai berbagai prasarana dan sarana penunjang kegiatan pendidikan anak. Minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua berperan penting dalam menentukan minat melanjutkan pendidikan siswa ke perguruan tinggi. Perubahan dalam lingkungan dan perubahan pribadi dapat memengaruhi minat siswa terhadap pendidikan tinggi. Memahami minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua memiliki peran penting dalam memberikan dukungan yang tepat untuk memfasilitasi perjalanan pendidikan mereka ke tingkat yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 4 Solok Selatan. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap dua variabel, yaitu minat belajar siswa (X1) dan status sosial ekonomi orang tua (X2), yang mempengaruhi minat siswa untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi (Y). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Untuk mengamati pengaruh variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) dalam penelitian ini, dilakukan analisis menggunakan perangkat lunak SPSS versi 20. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai signifikansi untuk minat belajar siswa (X1) adalah 0.022 < 0,05 atau Thitung > Ttabel = 2,487 > 2.07961, artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X1 (Minat Belajar Siswa) terhadap variabel terikat Y (Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi) secara parsial. Nilai signifikansi untuk status sosial ekonomi orang tua (X2) bernilai 0,012 < 0,05 atau Thitung > Ttabel = 2,749 < 2.07961, artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variabel bebas X2 (Status Sosial Ekonomi Orang Tua) terhadap variabel terikat Y (Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi) secara parsial. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh berdasarkan nilai signifikansi 0,002 < 0,05 dan Fhitung > Ftabel = 6,767 > 3,44. Artinya terdapat pengaruh nyata (signifikan) variable bebas (Minat Belajar Siswa dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua) secara simultan atau bersama-sama terhadap variabel terikat (Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, SudarnoUNSPECIFIED
CorrectorWagino, WaginoUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Feb 2024 01:07
Last Modified: 01 Feb 2024 01:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50322

Actions (login required)

View Item View Item