Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demontrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 13 Sijunjung

Kartika, Sinta (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demontrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 13 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SINTA_KARTIKA_18332048_7216_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil blajar siswa dengan menggunakan metode demontrasi dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 13 Sijunjung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Instrumen penelitian ini adalah lembaran observasi, post test siklus dan test keterampilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presesntase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demontrasi guru sebagai contoh langsung dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar tari siswa. Pada siklus I dapat terlihat peningkatan dari segi aktivitas belajar siswa, namun belum seluruh siswa dapat melakukan aktivitas belajar dengan baik. Untuk hasil belajar siswa terjadinya peningkatan karena telah diterapkan metode demontrasi yang membuat siswa lebih memahami materi yang diberikan oleh guru, namun belum mencapai nilai rata-rata diatas KKM.Untuk siklus II, guru melakukan perbaikan yang terjadi pada siklus I, pada siklus II, guru melakukan bimbingan kepada siswa saat berlatih bersama kelompok dengan mendatangi siswa saat melalukan latihan. Dengan bmbingan secara langsung, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu ditandai dengan semakin banyak siswa yang aktif dalam melakukan gerak, siswa yang mengganggu siswa lain sudah berkurang, siswa yang mampu bekerja sama dalam membantu siswa yang belum hafal gerak. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa mencapai target diatas KKM. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 67% dengan kriteria cukup baik. Setelah melakukan perbaikan pada siklus II, rata-rata aktivitas belajar siswa naik menjadi 90% dengan kriteria sangat baik. Siswa yang sebelumnya kurang aktif dan hanya diam pada saat bergeraj menjadi semangat, siswa yang malu-malu dalam melakukan gerak menjadi percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 31 Jan 2024 06:57
Last Modified: 31 Jan 2024 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50307

Actions (login required)

View Item View Item