Kartika, Sinta
(2023)
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan
Metode Demontrasi dalam Pembelajaran Seni Tari di SMA
Negeri 13 Sijunjung.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil blajar siswa dengan
menggunakan metode demontrasi dalam pembelajaran seni tari di SMA Negeri 13
Sijunjung.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas
(classroom action research). Instrumen penelitian ini adalah lembaran observasi,
post test siklus dan test keterampilan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
cara observasi, studi pustaka, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan
menggunakan rumus presesntase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demontrasi guru sebagai
contoh langsung dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar dan
hasil belajar tari siswa. Pada siklus I dapat terlihat peningkatan dari segi aktivitas
belajar siswa, namun belum seluruh siswa dapat melakukan aktivitas belajar
dengan baik. Untuk hasil belajar siswa terjadinya peningkatan karena telah
diterapkan metode demontrasi yang membuat siswa lebih memahami materi yang
diberikan oleh guru, namun belum mencapai nilai rata-rata diatas KKM.Untuk
siklus II, guru melakukan perbaikan yang terjadi pada siklus I, pada siklus II, guru
melakukan bimbingan kepada siswa saat berlatih bersama kelompok dengan
mendatangi siswa saat melalukan latihan. Dengan bmbingan secara langsung,
aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu ditandai dengan semakin
banyak siswa yang aktif dalam melakukan gerak, siswa yang mengganggu siswa
lain sudah berkurang, siswa yang mampu bekerja sama dalam membantu siswa
yang belum hafal gerak. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
mencapai target diatas KKM. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah
67% dengan kriteria cukup baik. Setelah melakukan perbaikan pada siklus II,
rata-rata aktivitas belajar siswa naik menjadi 90% dengan kriteria sangat baik.
Siswa yang sebelumnya kurang aktif dan hanya diam pada saat bergeraj menjadi
semangat, siswa yang malu-malu dalam melakukan gerak menjadi percaya diri.
Actions (login required)
|
View Item |