Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Sistem Sirkulasi dan Sistem Pencernaan untuk Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Pasaman

Monhartini, Monhartini (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe pada Materi Sistem Sirkulasi dan Sistem Pencernaan untuk Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 1 Pasaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_MONHARTINI_21177010_2658_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketersediaan dan penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik menjadi masalah dalam pembelajaran biologi di MAN 1 Pasaman Barat. Hal ini disebabkan penggunaan media pembelajaran yang masih sederhana dan kurang menarik, keterbatasan keterampilan guru dalam mengembangkan media pembelajaran, dan rendahnya kemampuan peserta didik dalam memahami materi sistem sirkulasi dan sistem pencernaan. Salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut adalah dengan mengembangkan media berupa video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe. Berdasarkan uraian tersebut maka dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan video pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada materi sistem sirkulasi dan sistem pencernaan untuk peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pasaman Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp. Tahap pengembangan model ini dimulai dari tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau prototyping, dan tahap penilaian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar instrumen pedoman wawancara guru, lembar angket respon siswa, lembar evaluasi diri, dan lembar validasi video pembelajaran oleh ahli, serta lembar penilaian kepraktisan video pembelajaran yang diisi oleh guru dan siswa. Hasil pengembangan video pembelajaran diperoleh produk yang sangat valid dengan nilai 88,71%. Praktikalitas guru dan peserta didik sangat praktis dengan nilai 93,3 dan 89,75%. Uji efektifitas yang menunjukkan terjadinya peningkatan kompetensi belajar peserta didik dari segi pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: VIDEO PEMBELAJARAN, SPARKOL VIDEOSCRIBE, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Jan 2024 03:20
Last Modified: 31 Jan 2024 03:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50304

Actions (login required)

View Item View Item