Hubungan Suasana Hati dan Empathy terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Kota Padang

Sinaga, Malim Abdul Aziz (2023) Hubungan Suasana Hati dan Empathy terhadap Perilaku Prososial Peserta Didik SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Kota Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_MALIM_ABDUL_AZIZ_SINAGA_19151025_8733_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang terjadi di SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Padang, berdasarkan observasi pada tanggal 01 sampai 16 November 2021, serta buku kasus BK yang diterima penulis, tergambar beberapa hal terkait dengan kemampuan mereka dalam menjalani kehidupan sosial serta kasus-kasus anti sosial dalam lingkup sekolah. Suasana hati dan empathy merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku prososial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) suasana hati, empathy dan perilaku prososial, 2) hubungan antara suasana hati dengan perilaku prososial, 3) hubungan antara empahty dengan perilaku prososial, 4) hubungan antara suasana hati dan empahty secara bersama-sama dengan perilaku prososial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Kota Padang yang berjumlah 80 orang, sampel berjumlah 80 orang, yang dipilih dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala model Likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata suasana hati berada pada kategori sedang yaitu 52.5%, (2) empathy pada kategori sedang yaitu 46.25%, (3) perilaku prososial peserta didik di kategori tinggi yaitu 61.26%, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara suasana hati dengan perilaku prososial sebesar 19.6%, (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara empathy dengan perilaku prososial sebesar 17%, dan (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara suasana hati dan empahty dengan perilaku prososial sebesar 31.1%. Implikasi tesis tersebut dapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan siswa untuk penyusunan program pelayanan BK di SMK Kesehatan Dharmabakti Nusantara Kota Padang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorHariko, RezkiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERILAKU PROSOSIAL, PESERTA DIDIK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 31 Jan 2024 02:32
Last Modified: 31 Jan 2024 02:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50301

Actions (login required)

View Item View Item