Hardianti, Findi
(2023)
Analisis Tren Desain “Anti-Desain” pada Poster Album Taylor Swift Berjudul Reputation.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Beberapa situs desain pada tahun 2022 membicaran tentang tren desain yang akan menjadi sebuh tren pada tahun itu, dan salah satunya adalah anti-desain. Konsep yang ditawarkan oleh anti-desain ini bertentangan dengan sprinsip dan elemen desain pada umumnya, dimana anti-desain memilki ciri khas seperti, warna yang mencolok dan tidak kontras, penggunaan typografi yang bertumpuk, dan tidak simetris. Namun pada poster album Taylor Swift terdapat beberapa perbedaan walau poster ini menggunakan anti-desain sebagai gaya desainnya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk Menjelaskan tentang hubungan “reputasi” Talor Swift dengan anti-desain yang dipakainya, dan menjelaskan bagaimana anti-desain dapat dipakai, serta menjabarkan bagaimana penerapan dari anti-desain pada Poster Album Taylor Swift yang Berjudul Reputation. Untuk meneliti hal ini digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari jurnal, buku, dan artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Sehingga didapatkan hasil bahwa anti-desain pada poster album Taylor Swift “reputation” menekan anti-desain pada penggunakan typografinya serta Penyampain masalah reputasi dan tema surat kabar yang diambil pada poster album Taylor Swift tersampaikan lewat perancangan, pemilihan font, serta layout typografi yang memakai anti-desain sebagai gayanya. Poster album reputation Taylor Swift berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti merupakan bentuk gabungan dari anti-desain dengan desain.
Actions (login required)
|
View Item |