Safar, Herman
(2023)
Pengaruh Variasi Berat Rumah Kopling Sentrifugal Terhadap Torsi dan Daya pada Sepeda Motor Honda Beat-Fi Tahun 2019.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Berdasarkan pengalaman peneliti dan juga masyarakat pengguna motor
matic, terdapat keluhan pada sepeda motor matic seperti akselerasi sepeda motor
yang kurang responsive, hal ini akan sangat terasa apabila saat melalui jalan yang
menanjak dan berliku. Performa berhubungan dengan torsi dan daya. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan variasi berat rumah kopling
terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Beat-Fi Tahun 2019. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Metode penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan pada sebuah objek
yang sama. Objek yang digunakan untuk penelitian ialah sepeda motor Honda
Beat-Fi Tahun 2019. Tindakan yang dilakukan adalah dengan mengurangi berat
massa rumah kopling sentrifugal guna mengetahui pengaruh variasi berat rumah
kopling sentrifugal terhadap torsi dan daya pada sepeda motor Honda Beat-Fi
2019. Analisis data dilakukan untuk mencari rata-rata setiap pengujian dan untuk
mengetahui persentase kenaikan torsi dan daya pada setiap pengujian. Hasil penelitian menunjukkan dari tiga variasi berat massa rumah kopling
sentrifugal yang dilakukan, kopling sentrifugal standard, kopling A (492 gr), dan
kopling B (472 gr), hasil torsi dan daya paling bagus menggunakan rumah kopling
sentrifugal B (472 gr), karena dengan menngunakan rumah kopling sentrifugal B
menghasilkan torsi dan daya paling tinggi dari antara tiga variasi massa rumah
kopling yang dilakukan.
Actions (login required)
|
View Item |