Inventarisasi Anura di Kawasan Air Terjun Sarasah Salisikan Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Saputra, Yogi (2023) Inventarisasi Anura di Kawasan Air Terjun Sarasah Salisikan Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B1_4_YOGI_SAPUTRA_19032053_9343_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan fungsi hutan sebagai habitat utama Anura menjadi lahan produktif dan kawasan wisata dapat mengakibatkan rusaknya hutan dan mengancam keberlangsungan hidup dan populasi Anura. Kondisi ini sedang terjadi di kawasan air terjun Sarasah Salisikan Kecamatan Batang Anai Kebupaten Padang Pariaman Sumatera Barat. Studi ini penting dilakukan untuk mengetahui jenis anura yang terdapat di Kawasan Air Terjun Sarasah Salisikan. Penelitian ini menggunakan metode VES (Visual Encounter Survey) yaitu penjumpaan langsung pada lokasi survei dan dibatasi waktu yang telah ditentukan. Data yang diperoleh dimasukkan ke dalam tabel jenis Anura serta status konservasi masing�masing jenis anura yang ditemukan. Hasil penelitian yang telah dilakukan di kawasan air terjun Sarasah Salisikan Nagari Sungai Buluah Utara, Kecamatan Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman, didapatkan total 9 spesies yang terdiri dari 5 famili, antara lain: Ranidae (3 spesies), Dicroglossidae (3 spesies), Microhylidae (1 spesies), Bufonidae (1 spesies), Megophryidae (1 spesies). Spesies yang ditemukan dari famili Ranidae adalah: Odorrana hosii, Pulchrana sundabarat, dan Wijayarana sumatrana. Spesies yang ditemukan dari famili Dicrogossidae adalah: Limnonectes kuhlii, Limnonectes laticeps, Limnonectes microdiscus. Spesies yang ditemukan dari family Microhylidae adalah: Kalophrynus cf kiewi. Spesies yang ditemukan dari family Bufonidae adalah: Phrynoidis asper. Spesies yang ditemukan dari family Megophrydae adalah Leptobrachium laticeps.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNugraha, Fitra AryaUNSPECIFIED
CorrectorSatria, RijalUNSPECIFIED
CorrectorAtifah, YuniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: FUNGSI HUTAN, AIR TERJUN, HABITAT
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:32
Last Modified: 30 Jan 2024 06:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50286

Actions (login required)

View Item View Item