Hubungan dukungan Keluarga dan Self Efficacy dengan Resiliensi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan

Wira, Kristina Putri (2023) Hubungan dukungan Keluarga dan Self Efficacy dengan Resiliensi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Skripsi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_01_KRISTINA_PUTRI_WIRA_19151023_8358_2023.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh resiliensi mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi. Dukungan keluarga dan self efficacy merupakan faktor yang diduga mempengaruhi perilaku resiliensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: 1) dukungan keluarga, self efficacy dan resiliensi, 2) hubungan antara dukungan keluarga dengan resiliensi, 3) hubungan antara self efficacy dengan resiliensi dan 4) hubungan antara dukungan keluarga, self efficacy secara bersama-sama dengan resiliensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan untuk mempresentasikan data yang diperoleh secara uji statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dan pengaruh antar variabel. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. yang ada dengan jumlah 212 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan model skala likert. Data dianalasisi dengan statistik deskriptif, regresi sederhana, dan regresi ganda. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) rata-rata, dukungan keluarga berada pada kategori sedang, (2) self efficacy pada kategori sedang, (3) perilaku resiliensi pada kategori sedang, (4) terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan resiliensi dengan kategori sedang, (5) terdapat hubungan signifikan antara self efficacy dengan resiliensi dengan kategori sedang dan (6) terdapat hubungan signifikan antara dukungan keluarga dan self efficacy dengan resiliensi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyukur, YarmisUNSPECIFIED
CorrectorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorSukma, DinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DUKUNGAN KELUARGA, SELF EFFICACY, RESILIENSI MAHASISWA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:32
Last Modified: 30 Jan 2024 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50282

Actions (login required)

View Item View Item