Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang dengan Model Regresi Logistik Biner

Anisa, Irma Surya (2023) Faktor-Faktor yang Memengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang dengan Model Regresi Logistik Biner. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_IRMA_SURYA_ANISA_20205016_2176_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang menjadi prioritas setiap orang jaman sekarang. Pendidikan merupakan salah satu interkasi manusia yang diterapkan dalam bentuk belajar. Dalam jenjang perkuliahan prestasi akademik yang didapat mahasiswa selama beberapa periode dinamakan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). IPK menjadi tolak ukur apakah mahasiswa tersebut berhasil atau tidak dalam jenjang perkuliahan. Faktor-faktor yang diprediksi memengaruhi IPK adalah jenis kelamin, program studi, tempat tinggal, daerah asal sekolah, durasi belajar, jalur penerimaan, durasi penggunaan gawai dan tipe kepribadian. Penelitian ini menggunakan model regresi logistik biner untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi IPK pada mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder dan primer. Pada data primer disebarkan ke responden melalui kuesioner. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang angkatan 2020 sebanyak 366 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin, program studi, jalur penerimaan dan durasi penggunaan gawai memengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Padang. Dengan model regresi dalam bentuk estimasi logit, g ̂(x)=-1,283-1,208X_(1 (JK))+0,847X_(2(Prodi))+0,716X_(6(jalur))-0,537X_(7(gawai)).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
CorrectorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INDEKS PRESTASI KUMULATIF, KETEPATAN KLASIFIKASI, REGRESI LOGISTIK BINER
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:31
Last Modified: 30 Jan 2024 06:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50279

Actions (login required)

View Item View Item