Bentuk Penyajian Tari Kejai Nyambei Pada Pesta Pernikahan di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu

Rahmawani, Sarah (2023) Bentuk Penyajian Tari Kejai Nyambei Pada Pesta Pernikahan di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_SARAH_RAHMAWANI_19023040_7067_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mendeskripsikan bagaimana Bentuk Penyajian Tari Kejai Nyambei Pada Pesta Pernikahan di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah peneliti sendiri di bantu oleh instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera, handphone, flashdisk. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkahlangkah dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Kejai Nyambei dalam acara pesta pernikahan pada tanggal 06 Mei 2023 pukul 10:30 WIB di Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Lebong Utara Kabupaten Lebong Provinsi Bengkulu merupakan tarian adat yang sakral dengan bentuk penyajian representasional dipercaya tari ini digunakan sebagai ritual untuk keselamatan pengantin dalam menjalankan rumah tangga. Unsur-unsur bentuk penyajian Tari Kejai Nyambei yaitu: (1) Terdiri dari gerak sambah sambei awal, gerak memulai menari, gerak siap berkenalan, gerak memberi dan menerima, gerak patah dayung, gerak melingkar, gerak sambah sambei akhir, gerak penutup, (2) Pola lantai menggunakan pola lantai dua garis lurus horizontal dengan beberapa arah hadap yang berbeda, (3) Musik tari ini menggunakan tiga alat musik tradisional yaitu kulintang, redap, dan gong, (4) Rias penari perempuan menggunakan rias cantik dan penari laki-laki tidak menggunakan riasan apapun, (5) Kostum yang di gunakan oleh penari laki-laki menggunakan baju teluk belango hitam, celana dasar hitam, culau, bros bunga, tapis, selendang songket. Penari perempuan menggunakan baju kurung bludru merah, kain songket, teratai, jilbab jaring, sanggul, ikat pinggang, kalung, gelang, anting-anting, sunting bunga, bunga emas, kote-kote,jurai-jurai, bulat-bulat, (6) Penari berpasangan dengan jumlah 14 orang 7 penari laki-laki dan 7 penari perempuan, (7) Properti yang di lakukan merupakan kain panjang batik, (8) Ditampilkan di arena pada pagi hari ketika acara resepsi pernikahan dimulai dengan durasi penampilan tari 16 menit 15 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:30
Last Modified: 30 Jan 2024 06:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/50273

Actions (login required)

View Item View Item